STRATEGI EVENT ORGANIZER (EO) PT. SAFIS KARYA SENTOSA PAMEKASAN DALAM MENGGERAKKAN BISNIS INDUSTRI KREATIF DI MADURA

Dedy Arfiyanto, RB. Imam Faris

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan yang bertujuan untukmengetahui dan menggambarkan strategi pemasaran Event Organizer (EO) PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan dalam menggerakkan bisnis industri kreatif di Madura melalui Analisis SWOT untuk menemukan strategi-strategi alternatif yang dapat digunakan perusahaan sebagai referensi dalam membangun kondisi yang diharapkan.Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data Kuantitatif dianalisis dengan IFAS dan EFAS untuk kemudian dimasukkan pada matrik IE, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan Matrik Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan masih memimpin pasar dengan memusatkan strategi pada kualitas pelayanan yang baik. Analisis SWOT menunjukkan posisi EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan berada di kuadran I yang berarti Event Organizer PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan memiliki kekuatan internal perusahaan dan peluang lingkungan yang besar, maka strategi yang sesuai untuk digunakan adalah strategi growth (bertumbuh) untuk memaksimalkan kekuatan internal dan peluang perusahaan.  Dari beberapa jenis strategi growth, untuk mendapatkan strategi yang cocok, maka dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan Internal-Eksternal Matriks, dan hasilnya posisi EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan berada di daerah sel I yaitu dengan strategi intensif melalui penetrasi pasar, pengembangan produk/layanan atau integratif.

 

ABSTRACT

This research was conducted at PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan that aims to identify and describe the marketing strategy Event Organizer (EO) PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan in moving the creative industry in Madura through a SWOT analysis to find alternative strategies that can be used by companies as a reference in establishing the expected conditions. The study was conducted using a descriptive method using a SWOT analysis of quantitative and qualitative data. The quantitative data were analyzed with IFAS and EFAS to then put on IE matrix, whereas qualitative data were analyzed using SWOT Matrix Analysis. The results showed that PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan still leads the market with a strategy focusing on good service quality. SWOT analysis shows the position of EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan is in quadrant I, which means the event organizer PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan have the internal strength of companies and environmental opportunities is large, then the appropriate strategy to use is the growth strategy (growing) to maximize internal strengths and opportunities of the company. Of the several types of growth strategies, to obtain a suitable strategy, then further analyzed using the Internal-External Matrix, and the result is the position of EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan located in the cell area of I that the intensive strategy through market penetration, product / service development or integrative.


Keywords


Event Organizer, Creative Industries, SWOT

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akhmad dan Hidayat. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 2, Juni 2015, pp.155 -165.

Andajani. 2012. Peran Karakter Wirausaha dalam Bisnis EventOrganizer (EO). Proceeding Seminar dan Call For Paper Nasional 1: Kewirausahaan dan Bisnis Kreatif 22 November 2012. Semarang: Yayasan Widya Manggala Indonesia.

Fredy Rangkuti. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Penerangan Komunikasi & Kebudayaan. TT. Dasar Industri Kreatif Negara (DIKN). Malaysia: KPKK.

Majalah Digital. 2014. Bisnis UMKM: Andapun Bisa Sukses Berbisnis!. Yogyakarta: Bisnis UKM.

Permana, Tyas. 2015. EventOrganizer Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Pendengar Radio Unisi Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wibowo, dkk. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1 Desember 2015. Hal 59-66.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v2i2.4362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.