Mengukur Implementasi Distribusi Barang Berdasarkan Kerangka Islam di Bidang Peternakan dan Konfeksi Pakaian Muslim Kota Tasikmalaya – Jawa Barat

Asep Yusup Hanapia, Fatimah Zahra Nasution, Ade Komaludin, Iis Surgawati

Abstract


Islam memandang urgensi penerapan nilai-nilai halal tidak hanya pada aspek materi, tetapi juga pada aspek penerapan cara hidup (muamalah). Dalam perekonomian, kegiatan distribusi menjadi salah satu kegiatan penting selain konsumsi dan produksi. Bisnis berbasis Islam tidak akan sempurna tanpa kegiatan distribusi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Nilai monoteisme (persatuan), rasa syukur, keadilan dan kebebasan menjadi dimensi dalam mengukur prinsip variabel distribusi Islam yang dianalisis dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip Islam dalam kegiatan distribusi yang dilakukan oleh produsen makanan dan non-pangan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada 51 responden yang terdiri dari pengusaha di bidang peternakan yang mewakili produsen makanan, sedangkan dari 88 responden yang terdiri dari pengusaha penganan pakaian muslim yang mewakili produsen bukan makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengusaha konpeksi pakaian ternak dan muslim terhadap prinsip distribusi Islam adalah 99,22% dan 98,11%, masing-masing. Dimensi yang paling dominan diterapkan dari prinsip distribusi Islam, baik oleh pengusaha ternak dan pengusaha konpeksi pakaian muslim adalah dimensi monoteisme (kesatuan) dengan nilai rata-rata per item masing-masing 233,0 dan 416,56. Implikasi dari hasil penelitian ini mendorong pengusaha Muslim untuk menerapkan prinsip distribusi Islam dalam kegiatan bisnis mereka untuk mencapai manfaat masyarakat.


Keywords


distribusi Islami, ketauhidan, kesyukuran, keadilan, kebebasan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. N., Rahman, A. A., & Rahman, S. A. (2015). Assessing Knowledge and Religiosity on Consumer Behavior towards Halal Food and Cosmetic Products. International Journal of Social Science and Humanity, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2015.V5.413

Aisyah, M. (2016). Consumer Demand on Halal Cosmetics and Personal Care Products in Indonesia. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 9(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v9i1.1867

Aprianto, N. E. K. (2017). Kebijakan Distribusi dalam Pembangunan Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Islam, 14(2), 73. https://doi.org/10.28918/jhi.v0i0.693

APRIANTO, N. E. K. (2018). Kemiskinan dalam Perspektif Ekonomi Politik Islam. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 169–188. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i2.60

Briliana, V., & Noviana, R. (2016). The antecedents and outcome of halal cosmetic products: a case study in jakarta indonesia, 11(2), 1–9.

Holis, M. (2016). Sistem Distribusi dalam Perspektif. Masharif Al-Syariah, 1(2), 1–14.

Ibrahim, S. M. (2015). The Role of Zakat in Establishing Social Welfare and Economic Sustainability. International Journal of Management and Commerce Innovation, 3(1), 437–441.

Lailatussufiani, S., Burhan, M. U., & Multifiah. (2016). The Utilization of Zakat , Infaq and Shadaqah for Community Empowerment ( Case Study of BAZNAS West Nusa Tenggara Province ). International Journal of Business and Management Invention, 5(10), 152–160.

Madnasir, M. (2011). Distribusi dalam Sistem Ekonomi Islam. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 57. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v2i1.57-71

Munthe, M. (2014). Konsep Distribusi dalam Islam. Jurnal Syariah, 2(1), 70–88.

Nasution, F. Z., Mandasari, A. E., & Billah, M. (2018). Assessing Factors Influencing the Purchase Decision of Cosmetics among Middle Class Female Muslims. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/miceb-17.2018.21

Rodin, D. (2016). Pemberdayaan Ekonomi Fakir Miskin dalam Perspektif Al-Qur’an. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 71. https://doi.org/10.21580/economica.2015.6.1.787

Saparuddin. (2015). Skema Distribusi dalam Islam. Human Falah, 2(1), 152–168.

SARI, W. (2014). Produksi, Distribusi, dan Konsumsi dalam Islam. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 1–34. https://doi.org/10.32678/ijei.v5i2.24

Turmudi, M. (2017). Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Islamadina, Volume XVI, 37–56. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v7i1.6864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asep Yusup Hanapia, Fatimah Zahra Nasution, Ade Komaludin, Iis Surgawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.