Optimalisasi Dana Infak Masjid Dalam Mengatasi Permasalahan Iuran Bpjs Kesehatan Masyarakat Di Lingkungan Masjid Yogyakarta

Nurul Jihadah Ashar

Abstract


Urgensi ekonomi bagi masyarakat merupakan aksioma yang tidak terbantahkan. Pengoptimalan dana infak masjid umumnya berputar pada operasional masjid saja. Akan tetapi, pada kenyataannya dana infak dapat dioptimalkan untuk peningkatan kesejahteraan umat. Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah kesehatan masyarakat itu sendiri.Adapun penelitian ini difokuskan pada pengoptimalan dana infak masjid untuk membantu masyarakat dalam membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Kota Yogyakarta dengan mengambil 6 sampel masjid. Adapun sampel dari penelitian dipilih secara purposive sampling dengan mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu jumlah penduduk sekitar masjid, jumlah infak yang belum dimanfaatkan, dan laporan keuangan masjid (penerimaan dan pengeluaran).Tujuan dari penelitian ini adalah terapan karena penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pembayaran iuran BPJS di lingkungan masyarakat.Dalam penelitian ini didasarkan pada data sekunder yang dikumpulkan berupa laporan keuangan masjid (dana infak). Kemudian diperoleh data dana infak masjid yang belum dimanfaatkan untuk dialokasikan kepada masyarakat sehingga mampu membantu dalam mengatasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v6i1.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurul Jihadah Ashar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.