Upaya Peningkatan Ekonomi Pondok Pesantren Melalui Pendidikan Ekonomi Syariah Bagi Generasi Pemuda Muslim Di Madura Dengan Ekstrakulikuler Sma
Abstract
Pendidikan ekonomi Islam di Indonesia sangat penting karena pertumbuhan industri keuangan syariah yang berkembang pesat. Jadi pengenalan ekonomi ilahi pada generasi muda, yaitu pada periode sebelum kuliah penting dilakukan. Konsep integrasi pendidikan ekonomi Islam dengan ekstrakurikuler koperasi siswa adalah strategi yang efektif mencetak generasi muda muslim yang faham ekonomi Islam. Fokus penelitian ini bagaimana mengkonsep integrasi keilmuan ekonomi syariah di lingkungan pondok pesantren berbasis SMA melalui ekstrakulikuler yang bersinergi dengan koperasi pondok pesantren.
Penulisan karya ilmiah ini dilakukan dengan studi literatur yang mendalam, yakni dengan menggunakan penulisan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan metode kepustakaan dan dokumenter. Proses analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini terdiri dari: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), analisis dan Pembahasan.
Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi ekonomi syariah di level sekolah menengah bukanlah hal yang mudah, dikarenakan belum adanya kurikulum dan terbatasnya SDI pengajar yang mempunyai kualifikasi keilmuan yang integral. Konsep pengintegrasian pendidikan ekonomi syariah dengan ekstrakulikuler koperasi siswa adalah upaya strategis untuk melahirkan SDI muda nan tangguh dalam bidang ekonomi syariah. Hal ini dikarenakan pemilihan dalam penerapan teoritis secara aplikatif sebagai pilot project dianggap sangat mendukung iklim pengajaran ekonomi syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, M. K. (2018). Literasi Keuangan Syariah Dan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan). Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam. Https://Doi.Org/10.32678/Ijei.V9i2.107
Basri, S., Samin, B., & Beik, I. S. (2019). Peran Kurikulum Ekonomi Syariah Untuk Pencapaian Kemakmuran Dan Kesejahteraan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.32832/Tadibuna.V8i1.1340
Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kkni Pada Mata Kuliah Ekonomi Syariah. Niagawan. Https://Doi.Org/10.24114/Niaga.V7i1.9354
Muliadi, S. (2018). Ekonomi Islam Dan Maqasid Syariah Dalam Kurikulum Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi Selamat Muliadi Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam.
Muliadi, S. (2018). Epistemologi Ekonomi Islam Dan Maqasid Syariah Dalam Kurikulum Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam. Https://Doi.Org/10.32678/Ijei.V9i2.102
Niswatin, N., Hasiru, R., & Rasuli, L. O. (2017). Pengembangan Kurikulum Ekonomi Dan Akuntansi Syariah Di Sekolah (Studi Atas Persepsi Guru Dan Siswa Di Sma Kota Gorontalo). Al-Ulum. Https://Doi.Org/10.30603/Au.V17i1.41
Qaradhawi Yusuf. (2002). Teologi Kemiskinan, Penj. A. Maimun Syamsuddin Dan A. Wahid Hasan. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Unggul, P. (2016). Pariwisata Syariah Prospek Dan Perkembangan. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn.
DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v7i1.6460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mohammad Zainal, Ahmad Ghufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Dinar Indexed by:
Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.