Pemetaan Potensi Wisata Halal Di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

Fredy Kurniawan, Adi Soeprijanto, Harus Laksana Guntur, Mahendra Wardhana, Imam Abadi, Sayyida Sayyida

Abstract


Kegiatan pariwisata adalah satu hal untuk mendukung daerah dan pembangunan ekonomi negara, melalui valuta asing, pendapatan pajak, dan pungutan lainnya. Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi Muslim terbanyak. Melihat peluang ini, pemerintah Indonesia pada 2012 mulai memperkenalkan pariwisata halal di Indonesia. Sumenep, Jawa Timur, Indonesia memiliki beragam potensi wisata yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata halal.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana memetakan potensi pariwisata Halal di Sumenep Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknikpengumpulan datanya observasi terhadap berbagai destinasi wisata dan pelaku-pelaku usaha di bidang pariwisata Kabupaten Sumenep.

Hasil penelitian ini telah adalah konsep pemetaan potensi wisata halal di Sumenep, Jawa Timur, Indonesia. Potensi wisata halal di Sumenep yang telah berhasil dipetakan meliputi objek makanan, wisata pantai, wisata senjata tradisional (keris), pusat batik Sumenep, wisata religi, wisata sejarah dan wisata alam. Hotel dan penginapan juga tersedia sehingga wisatawan dapat merencanakan liburan mereka di waktu yang diinginkan. Transportasi antar tempat wisata juga dapat diakses dengan mudah. Semua objek wisata termasuk kriteria pariwisata halal. Ini dapat diringkas sebagai paket wisata Halal Sumenep. Potensi ini juga didukung oleh budaya keagamaan masyarakat Sumenep. Dengan pemetaan ini akan memudahkan para wisatawan Muslim khususnya untuk mengakses pariwisata halal di Sumenep, Jawa Timur, Indonesia.


Keywords


Halal tourism, Sumenep, East Java, Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., Kadek, P., 2013. TRAVEL GUIDE BOOK “THE EPIC JOURNEY OF SUMENEP.”

Aliah, A.D.N., 2016. Peran Sektor Pariwisata Dalam Pembangunan Perekonomian Di Indonesia: Pendekatan Social Accounting Matrix (SAM).

Bappeda Provinsi Jawa Timur [WWW Document], 2018. URL http://bappeda.jatimprov.go.id/ (accessed 11.4.18).

Battour, M., Ismail, M.N., 2016. Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives 19, 150–154. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., Nimpaya, S., 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management 3, 739–741.

https://doi.org/10.7763/JOEBM.2015.V3.277

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur [WWW Document], 2017. URL http://www.disbudpar.jatimprov.go.id/ (accessed 11.4.18).

El-Gohary, H., 2016. Halal tourism, is it really Halal? Tourism Management Perspectives 19, Part B, 124–130. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.013

Firdausi, I., Marantika, S., Firdaus, Z.N., Sajidah, R., 2017. Lombok: Halal Tourism as a New Indonesia Tourism Strategy, in: March 13-15, 2017 Dubai (UAE). Presented at the March 13-15, 2017 Dubai (UAE), HEAIG. https://doi.org/10.15242/HEAIG.H0317447

Hampton, M.P., Jeyacheya, J., 2015. Power, Ownership and Tourism in Small Islands: Evidence from Indonesia. World Development 70, 481–495. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2014.12.007

Izberk-Bilgin, E., Nakata, C.C., 2016. A new look at faith-based marketing: The global halal market. Business Horizons 59, 285–292. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2016.01.005

Jafari, J., Scott, N., 2014. Muslim world and its tourisms. Annals of Tourism Research 44, 1–19. https://doi.org/10.1016/j.annals.2013.08.011

Li, J., Xu, L., Tang, L., Wang, S., Li, L., 2018. Big data in tourism research: A literature review. Tourism Management 68, 301–323. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.03.009

Nirwandar, D.H.S., 2015. Halal Lifestyle In Indonesia 16.

Okumus, F., van Niekerk, M., Koseoglu, M.A., Bilgihan, A., 2018. Interdisciplinary research in tourism. Tourism Management 69, 540–549. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.05.016

Richards, G., 2018. Cultural tourism: A review of recent research and trends. Journal of Hospitality and Tourism Management 36, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2018.03.005

Ryan, C., 2016. Halal tourism. Tourism Management Perspectives 19, 121–123. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.014

Samori, Z., Md Salleh, N.Z., Khalid, M.M., 2016. Current trends on Halal tourism: Cases on selected Asian countries. Tourism Management Perspectives 19, 131–136.

https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.011]

Sucipto, H., Andayani, F., 2014. Wisata Syariah (Karakter, Potensi, Prospek, dan Tantangannya). Grafindo, Jakarta.

Sumenepkab.go.id, 2018. URL sumenepkab.go.id

Tiket pesawat ke Sumenep (SUP) - Temukan & Bandingkan penawaran terbaik Tiket Pesawat | Nusatrip [WWW Document], 2018. . nusatrip.com. URL /id/tiket-pesawat/ke/sumenep_SUP (accessed 11.4.18).

Yousaf, S., Xiucheng, F., 2018. Halal culinary and tourism marketing strategies on government websites: A preliminary analysis. Tourism Management 68, 423–443. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.04.006




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v5i2.5002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fredy Kurniawan, Adi Soeprijanto, Harus Laksana Guntur, Mahendra Wardhana, Imam Abadi, Sayyida Sayyida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.