Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Garam Fortifikasi Kelor

Iffan Maflahah

Abstract


Garam fortifikasi kelor merupakan garam baru, dilakukan penambahan ekstrak kelor sebagai fortifikan. Tujuan penelitian: 1) mengetahui atribut yang menjadi preferensi konsumen terhadap garam fortifikasi kelor. 2) mengetahui urutan kepentingan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian. Metode yang digunakan adalah analisis chi square dan multiatribut fishbein. Hasilnya bahwa yang menjadi preferensi konsumen terhadap garam fortifikasi kelor dilihat dari produknya adalah rasa berbeda dengan garam iodium, warna hijau manarik, tekstur kasar, harga garam murah, dan masa simpan lebih lama. Sedangkan dari kemasan garam fortifikasi kelor preferensi konsumen adalah bahan kemasan yang sesuai keinginan konsumen, desain menarik, informasi lengkap, kemasan tidak mudah rusak/ tahan lama dan dicantumkan berat bersih sesuai isinya. Atribut yang paling dipertimbangkan dalam melakukan pembelian terhadap garam fortifikasi kelor dari produk garam fortifikasi kelor adalah masa simpan, harga, rasa, tekstur dan warna. Sedangkan dari kemasan garam fortifikasi adalah berat bersih, kelengkapan informasi, bahan kemasan, desain dan ketahanan kemasan.

Keywords


garam fortifikasi kelor, preferensi konsumen, chi square, multiatribut fishbein

Full Text:

PDF

References


Djarwanto, PS dan Pangestu S. 1990. Statistic Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kurniasih. 2013. Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit. Yogyakarta: Pustaka Press.

Siegel. 1992. Statistik Nonparametrik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simanura B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soekirman. 2008. Fortifikasi Pangan: Program Gizi Utama Masa Depan?. Jakarta: Micronutren initatif.

Subiantoro, S. 2001. Mengenal Lebih Jauh Tentang Garam. Jatim: BPPP banyuwangi.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.5432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License