PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI RENGGINANG LORJUK DI KECAMATAN KAMAL BANGKALAN

Ummi Kalsum, Elys Fauziyah, Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho

Abstract


ABSTRAK

Atribut sebuah produk dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk. Preferensi konsumen dalam membeli rengginang lorjuk dipengaruhi oleh beberapa atribut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik konsumen dan menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli rengginang lorjuk. Penelitian ini dilakukan di daerah Kamal. Sampel diambil dengan menggunakan metode accidental sampling sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskripitif kualitatif dan konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli rengginang lorjuk adalah bentuk, harga, berat isi kemasan, jenis dan kemasan.

 

ABSTRACT

Attribute of product can be used as consideration of consumer in buying product. Consumer preference in buying rengginang lorjuk is affected by several attributes. Objective of this research is to describe characteristic of consumer and to analyze attributes being considered by consumer in buying rengginang lorjuk. This research was conducted in Kamal. Sample was taken by using method of accidental sampling meanwhile method of data analysis used descriptive qualitative and conjoint. Result of research showed that attributes that most considered by consumer in buying rengginang lorjuk is weight, price, volume, type and packaging.   


Keywords


Rengginang Lorjuk, Atribut, Konjoin

References


Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2011. Outlook Industri 2012: Strategi Percepatan dan Perluasan Agroindustri. Jakarta: Balai Pustaka.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurheni S. Palupi, E. Srivishnu Herlambang, Musa Hubels. 2011. Kajian Perilaku Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran The Herbal di Kota Bogor. Jurnal Manajemen IKM Vol. 6 No. 2. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Noviana, Jeani R.P. 2012. Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. [Skripsi]. Bangkalan: Universitas trunojoyo Madura.

Palan, Kay Marie. 1995. Family Decision Making: A Study of Parent Adolescent Interactions in the Purchase Decision Making Prosess. [Dissertation]. Abstracts International A The Humanity and Social Sciences Volume 55. Number 9. Michigan: University Microfilms International, a Bell and Howell Company.

Pingit, Sri Wulandari. 2009. Pengembangan Preferensi dalam Pemilihan Konsep Produk Kosmetik Bedak Berbasis Analisis Konjoin. Jurnal Forum Statistika dan Komputasi Vol. 14 No.1. Surabaya: ITS.

Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sleumer D. W. 1996. Ilmu Dasar Kependudukan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Mikroekonomi Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Soekartawi. 1999. Prinsip-prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v2i2.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)





 
Creative Commons License
Copyright @ 2013 Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia