STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR OTAK-OTAK BANDENG DI KABUPATEN GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik konsumen otak-otak bandeng di Gresik, (2) menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi pembelian otak-otak bandeng di Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Muzanah dan Sari Kelapa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen otak-otak bandeng berusia antara 25-35 tahun, rata-rata pendidikan terakhir sarjana dan bekerja sebagai karyawan swasta dengan gaji rata-rata lebih dari Rp. 2.500.000dan memiliki tanggungan keluarga antara 1-5 orang. Berdasarkan hasil analisis konjoin diketahui bahwa konsumen otak-otak bandeng lebih menyukai bahan kemasan kardus, desain kemasan bergambar bandeng, rasa pedas, harga Rp. 45.000 dan ukuran berat 400 gr.
MARKETING STRATEGY OF OTAK-OTAK BANDENG IN GRESIK
ABSTRACT
The aims of this study are (1) to know the characteristics of the consumers who buy otak-otak bandeng in Gresik, (2) to analyze what kinds of attributes that become the consumers’ choice on otak-otak bandeng in Gresik. This study is conducted in Muzanah Store and Sari Kelapa. This study uses descriptive analysis and conjoint analysis. The results of this study show that the consumers who buy otak-otak bandeng are consumers in the age of 25-35 years old with college as their last education that work as private sector employees with salary > Rp 2,500,000 and have a number of family members of 1-5 people. The results of conjoint analysis show that the consumers prefer cardboard packaging material, milkfish image packaging design, dominant blue color packaging, spicy flavor, price of Rp 45,000, and size of 400 gr.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2015). Gresik dalam Angka. Retrieved March 12, 2016, from https://gresikkab.bps.go.id/
Dinas Perikanan dan Kelautan. (2016). Laporan Statistik Perikanan Jawa Timur. Retrieved March 2, 2016, from http://gresikkab.go.id/wisata/otak_otak
Gudono. (2012). Analisis Data Multivariat Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/434
Mulyadi, A., & Fauziyah, E. (2014). Preferensi Konsumen dalam Pembelian Mi Instan di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 3(1), 65–80. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/441
Rahayu, J. N., Fauziyah, E., & Ariyani, A. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokk Y dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52–67. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/350
Rosipah, S., Burhan, & Purwandari, U. (2013). Preferensi Konsumen Terhadap Pancake dari Tepung Sukun. AGROINTEK, 7(1), 53–58.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/670
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran Edisi II. Yogakarta: Andi.
Wijayanto, D., & Widowati, L. L. (2011). Analysis of Purchasing Desicion to Softbone Milkfish at Seller Center of Special Gift in Semarang City. Jurnal Saintek Perikanan, 7(1), 70–76. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/saintek/article/view/6837
DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i2.2856
Refbacks
- There are currently no refbacks.