MODEL KERJASAMA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) PADA PEMASARAN AGRIBISNIS IKAN GURAMI DI KABUPATEN BANYUMAS

Yusuf Enril Fathurrohman

Abstract


Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Ulam Sari di Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas bertujuan untuk meningkatkan bargaining position bagi pembudidaya ikan gurami yang memiliki kekurangan modal khususnya pada bagian pemasaran. Pemasaran dilakukan secara kolektif dan lebih profesional untuk menghindari berbagai permasalahan.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola kerjasama antara POKDAKAN dengan pembudidaya ikan gurami dalam bidang pemasaran yang dijabarkan melalui analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus melalui wawancara dengan pembudidaya gurami anggota POKDAKAN dan pengurus POKDAKAN.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kerjasama antara POKDAKAN dan pembudidaya ikan diperoleh keuntungan 1) pembudidaya ikan gurami memperoleh ketersediaan faktor produksi seperti kolam, bibit, pakan dan SDM pengawasan; 2) POKDAKAN memperoleh ketersediaan ikan gurami konsumsi untuk dipasarkan dan keuntungan sebesar 15% dari hasil penjualan, 3) calon pembeli memperoleh barang (ikan gurami) dengan akses mudah (one spot service) dan memperoleh kualitas dan kuantitas yang diinginkan serta terjaganya kontinuitas pemasaran.

Kata Kunci      : POKDAKAN, ikan gurami, pemasaran, kerjasama.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2014. Produk Domestik Bruto Menurut Lapangan Usaha. www.bps.go.id/pdb.php. Diakses 29 Januari 2015.

Hastuti E, Supriyono E, Mokoginta I, Subandiyono. 2003. Respon Glukosa Darah Ikan Gurami (Osphronemus gouramy, LAC.) Terhadap Stres Perubahan Suhu Lingkungan. Jurnal Akuakultur Indonesia, 2(2): 73-77 (2003).

I Effendi, H J Bugri, Widanarni.2006. Pengaruh padat penebaran terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan gurami osphronemus gouramy lac. Ukuran 2 cm. Jurnal Akuakultur Indonesia, 5(2): 127-135 (2006)

Mahyuddin, K. 2009. Panduan Lengkap Agribisnis Ikan Gurami. Jakarta: Penebar Swadaya.

Martin Hingley and Adam Lindgreen. 2002. Marketing of Agricultural Products : Case Findings. British Food Journal Vol. 104 No. 10, 2002 pp. 806 – 827.

McLeod, Jr. Raymond., George Schell. 2004. ”Sistem Informasi Manajemen”, copyright © 2001. Prentice-Hall,Inc. PT. Indeks. Jakarta.

Netsayi N. Mudege, Ted Nyekanyeka, Eliya Kapalasa, Tafadzwa Chevo, Paul Demo. 2015. Understanding collective action and women's empowerment inpotato farmer groups in Ntcheu and Dedza in Malawi. Journal of Rural Studies 42 (2015) 91e101.

Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Minapolitan. 2010. Jakarta :Disalin sesuai dengan aslinya oleh Biro Hukum dan Organisasi.

Rudiono, et all. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Program Minapolitan Tahun 2009 – 2011 di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Pemerintahan tahun 2013.

Surakhmad Winarno, 1998: Metode Penelitian. Penerbit Graha Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v5i2.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License