PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA MENGGUNAKAN PHET (PHYSICS EDUCATIONAL TECHNOLOGY) PADA MATERI POKOK DINAMIKA GERAK LURUS BERBASIS KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

Zainudin zainudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-learning fisika menggunakan PhET (Physics Educational Technology) berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pokok dinamika gerak lurus. Kelebihan PhET antara lain memiliki aktivitas perkuliahan (lecture), aktivitas kelompok (group activities), aktivitas pekerjaan rumah (homework activities), dan aktivitas laboratorium (laboratory activities). Pengembangan e-learning fisika pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah research and development (R&D) yang terdiri dari tahap analisis, desain (design), pengembangan (develop) dan implementasi. Tahap analisis yaitu identifikasi potensi dan masalah pembelajaran fisika dasar, karakteristik mahasiswa dan analisis tugas. Tahap desain yaitu blueprint e-learning fisika menggunakan simulasi PhET sebagai acuan mengembangkan perkuliahan antara lain menentukan tujuan pembelajaran sesuai kurikulum KKNI, memilih strategi pembelajaran (aktivitas perkuliahan, aktivitas tugas kelompok, aktivitas pekerjaan rumah, aktivitas laboratorium) media dan penilaian. Tahap pengembangan perangkat e-learning fisika antara lain RPS, SAP, modul fisika dasar materi pokok dinamika gerak lurus, dan Lembar Penilaian keterampilan berpikir kritis. Perangkat e-learning fisika divalidasi oleh dosen pendidikan fisika. Hasil validasi SAP, modul fisika dan lempar penilaian keterampilan berpikir kritis memiliki kategori sangat layak digunakan dallam pembelajaran. Tahap implementasi yaitu ujicoba e-learning fisika menggunakan PhET pada mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Bangkalan semester I tahun ajaran 2016-2017, keterlaksanaan SAP dalam pembelajaran memiliki kategori baik, indikator keterampilan berpikir kritis mahasiswa meningkat dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning fisika menggunakan PhET positif.

References


Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., et al. (2008). Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skill and Dispositions: A Stage 1 Meta Analysis. Educational Research , 78 (4), 1102-1134.

Adams, W. K., Reid, S., LeMaster, R., McKagan, S. B., Perkins, K. K., Dubson, M., et al. (2008). A Study of Educational Simulations Part I - Engagement and Learning. Journal of Interactive Learning Research , 19 (3), 397-419.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals. New York: David McKay Company.

Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. . USA: The University of Texas.

Chamberlain, J. M., Lancaster, K., Parson, R., & Perkins, K. K. (2014). How guidance affects student engagement with an interactive simulation. Chemistry Education Research and Practice , 15 (4), 628-638.

Fan, X. (2015). Effectiveness of an inquiry-based learning using interactive simulations for enhancing students’ conceptual understanding in physics. PhD Thesis, The University of Queensland, School of Education, Queensland.

Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies A guide for designing and developing e-learning courses. (B. Shapiro, Penyunt.) Viale delle Terme, Caracalla, Roma: Policy and Support Branch.

Giancoli, D. C. (2001). Fisika (Kelima ed.). Jakarta: Erlangga.

Giancoli, D. C. (2001). Physics Principles with Aplication. New Jersey: Prentice Hall International.

James, B. (2015). The Learning Centre - The University of Sydney. Dipetik Mei Senin, 2016, dari Orientation Lecture Series: Learning To Learn Developing critical thinking skills: http://sydney.edu.au/stuserv/documents/learning_center/critical.pdf

Mustafa, M. I., & Trudel, L. (2013). The Impact of Cognitive Tools on the Development of the Inquiry Skills of High School Students in Physics. International Journal of Advanced Computer Science and Applications , 4 (9), 128.

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., et al. (2006). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. American Association of Physics Teachers .

Riduwan. (2006). Metode dan Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sugioyo. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Wieman, C. (2002). PhET Interactive Simulations. (University of Colorado) Dipetik Oktober Rabu, 2016, dari https://phet.colorado.edu: https://phet.colorado.edu

Zemansky, S. (1994). Fisika Untuk Universitas 1 Mekanika, Panas dan Bunyi. Bandung: Binacipta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.