PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Dian Fitri Nur Aini; Universitas Muhammadiyah Malang; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Nawang Sulistyani |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | Assessment instruments, Mathematics learning, high order thinking skills |
4. | Description | Abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; (1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi aspek kevalidan dengan nilai koefisien validasi sebesar 86,5 persen. Hasil uji coba lapangan memeroleh persentase kepraktisan produk sebesar 90 persen. Instrumen penilaian e-quiz berbasis HOTS (high order thinking skills) yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Trunojoyo Madura |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2020-05-12 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | PDF (Bahasa Indonesia) |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/5980 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5980 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar; Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik |
12. | Language | English=en | id |
13. | Relation | Supp. Files |
(368KB) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR (368KB) |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |