Indexing metadata

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Dian Fitri Nur Aini; Universitas Muhammadiyah Malang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Nawang Sulistyani
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Assessment instruments, Mathematics learning, high order thinking skills
 
4. Description Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; (1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi aspek kevalidan dengan nilai koefisien validasi sebesar 86,5 persen. Hasil uji coba lapangan  memeroleh persentase kepraktisan produk sebesar 90 persen. Instrumen penilaian e-quiz berbasis HOTS (high order thinking skills) yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Trunojoyo Madura
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2020-05-12
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF (Bahasa Indonesia)
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/5980
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5980
 
11. Source Title; vol., no. (year) Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar; Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files (368KB)
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR (368KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.