PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT ELEKTRIK UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGERANAN 3 BANGKALAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik, (2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik, (3) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran jam sudut elektrik untuk kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik menurut ahli media pembelajaran sebesar 91,25% (sangat valid), ahli desain pembelajaran sebesar 76% (valid), dan ahli materi sebesar 83% (valid). Kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik diukur dari persentase hasil angket respon siswa pada uji coba pemakaian sebesar 88,4% (sangat menarik). Keefektifan media pembelajaran diukur dari persentase hasil pada uji coba pemakaian meliputi persentase hasil observasi aktivitas guru sebesar 93,9% (sangat aktif), persentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 82,9% (aktif), dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,2% (tuntas). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran jam sudut elektrik falid, sangat menarik, dan sangat efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Emzir.
Sugiyono. 2014. penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.