MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK DENGAN METODE KUMON PADA SISWA DI SDN PETAPAN 2
Abstract
Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan peneliti selaku Kepala sekolah bahwa hasil UTS mata pelajaran matematika siswa SDN Petapan 2 Kecamatan Labang kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas VI tentang perkalian mereka masih kurang dari 6, Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM metode kumon kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskan. Tujuan penelitian ini meningkatkan kinerja guru mengajar bodang studi matematika melalui pembinaan konsep pembelajaran metode Kumon (2) Memudahkan guru mengajar tentang konsep perkalian melalui pentahapan materi perkalian dari yang mudah sampai yang sulit. Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui rapat guru di ruang guru, agar mampu menyusun skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran manipulatif material secara efektif. Berdasarkan pembahasan temuan penelitian observatif oleh Kepala sekolah tentang "Optimalisasi pembinaan dan pengarahan konsep metode Kumon guna mengefektifkan pengajaran matematika" yang tercermin melalui 10 indikator, terbukti selama pembinaan sampai penerapan pembelajaran dengan metode Kumon berlangsung terjadi peningkatan mutu gaya mengajar yang variatif dan inovatif, sedangkan bagi siswa di SDN Petapan 2 Kecamatan Labang Semester Ganjil Tahun Pelajara 2014/2015 melalui hasil pengamatan pengawas sekolah selaku peneliti telah terjadi peningkatan motivasi belajar secara signifikan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i1.2216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.