MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK DENGAN METODE KUMON PADA SISWA DI SDN PETAPAN 2

Mas’od Mas’od

Abstract


Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan  peneliti selaku Kepala sekolah bahwa hasil UTS mata pelajaran matematika siswa SDN Petapan 2  Kecamatan  Labang kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas VI tentang perkalian mereka masih kurang dari 6,  Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM  metode kumon kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskan. Tujuan penelitian ini meningkatkan kinerja guru mengajar bodang studi matematika  melalui  pembinaan konsep pembelajaran  metode Kumon (2) Memudahkan  guru mengajar tentang konsep  perkalian melalui pentahapan materi perkalian dari yang mudah sampai yang sulit. Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui  rapat guru di ruang guru, agar mampu menyusun skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran  manipulatif material secara efektif. Berdasarkan pembahasan temuan penelitian observatif oleh Kepala  sekolah tentang "Optimalisasi pembinaan dan pengarahan konsep metode Kumon guna mengefektifkan pengajaran matematika" yang tercermin melalui 10 indikator, terbukti selama pembinaan sampai penerapan pembelajaran dengan metode Kumon berlangsung terjadi peningkatan mutu gaya mengajar yang variatif dan inovatif, sedangkan bagi siswa  di SDN Petapan 2 Kecamatan Labang Semester Ganjil Tahun Pelajara 2014/2015 melalui hasil pengamatan pengawas sekolah selaku peneliti telah terjadi  peningkatan motivasi belajar secara signifikan


Keywords


sistem perkalian; Metode Kumon



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i1.2216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: