The Influence of Color and Shape of Teaching Materials in Visual Design on Primary School Students' Learning Interest
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggarini, A., Agnes Natalia Bangun, D., Irpan Saripudin, dan, Studi Desain Grafis, P., Teknik Grafika Penerbitan, J., & Negeri Jakarta, P. (2020). Alternatif Model Penyusunan Mood Board Sebagai Metode Berpikir Kreatif Dalam Pengembangan Konsep Visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1, 1–7.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. In SAGE Publication.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297
Habibi, J., & Marwan, R. H. (2020). Perancangan Buku Aksara Bercerita Autobiografi Lettering Dimas Fakhruddin. Jurnal Inosains, 15(2), 61–70.
Hanifa, D. N. (2022). Analisis Peran Desain Visual Dalam Meningkatkan Edukasi Medis Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 1(1), 34–37. https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1.582
Indrawijaya, S., & Siregar, A. P. (2022). Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 268–273. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.301
Khasani, I., Sumardi, R., Wardana, K. A., Soebagjo, W. D., Triztika, R. A., & Suryowanti, A. (2021). Pengenalan Konsep Good Design Dalam Mengembangkan Inovasi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual STDI. PEDES: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Desain, 1(1), 25–29.
M, S., Patriansah, M., & Mubarat, H. (2023). Buku Ensiklopedia Tentang Kidal Sebagai Media Komunikasi Visual Untuk Anak-Anak. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i2.3258
Mariati. (2021). Menuju Realitas Visual Kreatif:Desain Komunikasi Visual, Teknologi, dan Budaya Indonesia. In Lppi Unta.
Muhaemin, M., & Artikel, G. (2023). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Referensi dalam Desain Komunikasi Visual Analysis of Utilizing Artificial Intelligence (AI) as a Reference in Visual Communication Design Article Info ABSTRAK. Jurusan Seni Rupa Dan Desain, 5(1), 71–80. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sasak/workflow/index/868/5❒71JournalSasak:https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sasak/index
Mutiarani, R. A. (2021). Perancangan Buku Decoupage berdasarkan Desain Komunikasi Visual. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 15–20. https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4483
Nurrahman, R. P., & Rochmawati, I. (2023). Desain Buku Ilustrasi Informasi Astrologi Sebagai Pseudosains. Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 03(02), 251–270. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/divagatra
Priyono, D., Ramdhani, A., & Hardian, R. (2020). Desain User Interface Informasi Prodi Desain Komunikasi Visual melalui Media Digital Website. Jurnal Desain, 7(3), 223. https://doi.org/10.30998/jd.v7i3.5877
PUTRA, I. W. Y. A., & DEWI, P. S. T. (2023). Aplikasi Unsur Visual Bentuk Dan Warna Motif Kain Tradisional Indonesia Timur Pada Perancangan Furnitur Modern. Ganec Swara, 17(2), 685. https://doi.org/10.35327/gara.v17i2.474
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Salsabila, R., Sobakh, N., & Nurhayati, D. (2024). PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAPEL PROJECT KREATIF KEWIRAUSAHAAN (PKK). Cendekia Pendidikan, 6(7), 50–54.
Sari, Y. M., & Sihombing, R. M. (2021). Analisis Visual Desain Buku Ilustrasi Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Bhagirupa, 1(1), 9–16.
Siti Nur Rahma, & Hikmasanti Agustin. (2021). Profil Implementasi Model Integrated pada Pembelajaran IPA di Indonesia (2012-2021). Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.1
Sugiyono. (2014). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.); kedua). Alfabeta.
Thifaldy, K., & Riksa Belasunda. (2024). Analisis Desain Visual Karakter Neuvillette dalam Game Genshin Impact menggunakan Manga Matriks. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 6(1), 80–85. https://doi.org/10.35134/judikatif.v6i1.194
Wahyudi, T. (2021). KONTRIBUSI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Forum Ilmiah, 18(4).
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Wiraseptya, T., Stefvany, Sayuti, M., Em Afdhal, V., & Suardi, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Desain Komunikasi Visualdi Sekolah Kristen Kalam Kudus Padang. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(1), 14–19. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i1.142
Yulius, Y., & Pratama, E. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v12i1.22061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M Fadhil Indra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.