Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wanda Ramansyah

Abstract


Program studi PGSD adalah sebuah program studi yang menghasilkan lulusan calon guru Sekolah Dasar yang memiliki standar-standar kompetensi yang harus dimiliki seorang guru SD. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang calon guru SD adalah kompetensi dalam bidang strategi pembelajaran. Di mana strategi pembelajaran tersebut akan membekali calon guru untuk memiliki kompetensi dalam bidang konsep dan prinsip dasar pembelajaran, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran, kegiatan pembelajaran dengan penekanan pada penggunaan pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran, prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran, serta merancang pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik anak dan bidang studi untuk mencapai tujuan utuh pendidikan. Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah jumlah buku teks yang tersedia masih terbatas dan tampilan buku yang tidak sesuai dengan karakteristik mahasiswa sehingga mereka merasa kurang tertarik untuk membaca. Selain itu, mahasiswa juga mengalami kesulitan untuk memahami teks, karena bahasa yang digunakan kurang komunikatif dan ada beberapa kosa kata yang sulit dipahami atau tidak sesuai dengan tingkat pengetahuan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, maka dikembangkan bahan ajar yang didasarkan pada kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Bahan ajar ini dikembangkan dengan menggunakan Model R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development).


Keywords


Pengembangan; Bahan Ajar; Strategi Pembelajaran; Model R2D2

References


Asma, Nur. 2001. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 9 (1) : 59-66.

Arikunto, S. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Azwar. 1993. Analisis Stimulus dan Fungsi Gambar dalam Buku Teks IPS dan IPA di Sintang. Tesis (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana.

Borg R., Walter & Gall Meredith D. 1983. Educational Research, An Introduction, Fifth Edition. USA: Longman.

Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Degeng,I Nyoman Sudana. 1988. Pengorganisasian Pengajaran Teori Elaborasi dan Pengaruhnya Terhadap Perolehan Belajar Informasi Verbal dan Konsep. Disertasi (tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang

Degeng, I Nyoman Sudana. 1999. Mencari Paradigma Pemecahan Masalah Belajar dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Degeng, I Nyoman Sudana. Tanpa tahun. Teori Pembelajaran 2 : Terapan. Jakarta: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Terbuka.

Dick, W. & Carey L. 2001. The Systematic Design Of Instructional. USA: Harper Collins Publisher.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gulo, W. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hossoubah, Z. 2004. Developing Creative and Critical Thinking Skills. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Kotten, Natsir B. 2005. Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 12 Nomor 1.

M. A., Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

Mulyasa, Enco. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaji. 2009. Desain Pembelajaran : Teori dan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Kolaborasi (Model PBMPK). Surabaya: Unesa University Press.

Moedjiono dan Moh Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Nyoto, A. 1994. Pengembangan Pembelajaran Individual. Jurnal Humaniora dan Sains.

Panen, P. 1994. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PAUPPAI Dirjen DIKTI.

Raka Joni, T. 1983. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Seels, B.B.dan Richey, R.C. 1994. Instructional Technology : The Definition and Domains of the Field. Washington DC: AECT

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:. Alfabetha

Tam, Maureen. 2000. Constructivism, Instructional Design and Technology: Implications for Transforming Distance Learning. Educational Technology & Society, 3 (2) : 50 – 59.

Tim Pengembang Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 1: Ilmu Pendidikan Teoretis. Jakarta: Grasindo.

Tim Pengembang Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2: Ilmu Pendidikan Praktis. Jakarta: Grasindo.

Willis, J. 1995. AReflective Recursive Instructional Design Model Based on Constructivist-Interpretivist Theory. Educational Technology, 35 (6), 5-23

Willis, J dan Wright, Kristen E. 2000. A General Set of Procedur for Constructivist Instructional Design: The New R2D2 Model. Educational Technology, 40 (2), 5-20.

Winataputra, Udin S., dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Wulandari, Gita Rosi. 2007. Strategi Belajar untuk Suasana Kelas yang Aktif. Jakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: