The Effectiveness of Group Counseling Using a Humanistic Existential Approach in Reducing FOMO Learning in the New Normal Era

Heri Febri Yadi, Firman Firman, Netrawati Netrawati

Abstract


Indonesia, such as the increasing spending of money by the younger generation and the rise of social media applications, makes the younger generation always want to satisfy their emotional needs, but they don't have enough money so that it becomes social pressure for the younger generation. Anxiety about being left behind makes it difficult for this generation to say no, and this phenomenon is one of the factors why there is Fomo syndrome. This study contains problem solving from FOMO Learning in the New Normal Era, with Humanistic Existence through Group Counseling to increase student learning responsibility, assistance to individuals in group situations that are prevention and healing, and directed at providing convenience in class development and growth. This research is research designed using the library method. The results are in the form of Humanistic Existential counseling emphasizing core human conditions. Normal personality development is based on the uniqueness of each individual.

Keywords


FOMO; Humanistic Existential; Group Counseling.

Full Text:

PDF

References


Alt, D. 2015. College Students’ Academic Motivation, Media Engagement and Fear of Missing Out. Computers in Human Behavior.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press

Amalia, R. 2016. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Berbasis Nilai Budaya Minangkabau dalam Kesetaraan Gender untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Remaja Putri. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 9-16.

Andini, Y., & Prasetiawan, H. 2021. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Humanistik pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok Tahun Ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Ardila, Y. 2018. Implementasi Pendekatan Eksistensial Humanistik berbasis Didong Gayo untuk membentuk keterampilan sosial siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 64-71).

Ardini, F. M., Setyowati, A., & Fauziah, M. 2020. Konseling Kelompok Eksistensial untuk Meningkatkan Sense of School Belonging pada Siswa SMK Se-Kota Yogyakarta. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 161-169.

Arnikawati, A., Dharsana, I. K., & Suranata, K. 2014. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII A2 SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Asmani, J. M. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Corey, G, 1998. Teori Praktik Konseling Dan Psikoterapi. Bandung. (terjemahan E. Koeswara) : PT. Refika Aditama.

Corey, G. 2008. Theory and Practice of Group Counseling (8thed.). Canada: Books/Cole.

Corey, G. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9thedition). California: Brooks/Cole.

Erford, B. T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitri, Q. 2022. PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENGURANGI PERILAKU HEDONIS SISWA DI SMA NEGERI 10 MAKASSAR.

Fitri, Q., Mahmud, A., & Saman, A. 2019. Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makassar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41-52.

Hasna, A. 2019. Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk Melatih Penyesuaian Diri Melalui Randai Dari Minangkabau [Group Counseling Using An Existential-Humanistic Approach To Develop Self-Adjustment Combined With The Expressive Arts Techniques Of Randai Of Minangkabau]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 124-139.

JWT Intelligence. 2011. Fear Of Missing Out (FoMO). New York: JWT Intelligence.

KADIR, D. S. 2018. PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO. Skripsi, 1(111413025).

Kartianti, S., & Asgar, S. 2021. KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING SISWA SMA DI HALMAHERA UTARA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 44-49.

Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Pres.

Lubis, L. S. P. 2014. PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI KELAS VIII SMP PEMBANGUN MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Lubis, N. L. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lumongga, D. N. 2017. Konseling kelompok. Kencana.

Miftachul‘Ilmi, A. 2022. Memaknai Kehidupan Melalui Konseling Memaknai Eksistensialisme berbasis Nilai Budaya Nrimo Ing Pandum untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Remaja Berstatus Sosial Ekonomi Bawah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 1-15).

MOHD ROFIDZAN, A. T. I. K. A. H. 2019. PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL-HUMANISTIK TERHADAP HARGA DIRI SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nanda, I. A. S. 2013. Pengaruh Implementasi Konseling Eksistensial Humanistik dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self-esteem Siswa Teralienasi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).

Nevanda, A. S. A. 2022. PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REBT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP HEDONISME SISWA KELAS XI MIA 1 PUTRI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya).

Ningsih, L. P. A. W., Suranata, K., & Dharsana, I. K. 2014. Penerapan konseling eksistensial humanistik dengan teknik meditasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X Titl 3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Nugroho, I. S. 2018. Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai Budaya Jawa “narimo ing pandhum” untuk mereduksi kecemasan remaja di era disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 46-54).

Nurwan, D. 2019. Layanan Konseling dengan Pendekatan Eksistensial Humanistik dalam Penyesuaian Diri Remaja (Penelitian Tindakan Konseling di Panti Asuhan Nurul Islam Kebaharan Kota Serang Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Oxford Dictionary. Oxford Dictionaries Online. www.oxforddictionaries.com

Pranajaya, S. A., Firdaus, A., & Nurdin, N. 2020. Eksistensial Humanistik Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 27-41.

Primayanti, N. K. H., Antari, N. N. M., & Dantes, N. 2014. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Przybylski, A., et.al. 2013. Motivational, Emotional, and Behavioral Correlates of Fear of Missing Out. Computer in Human Behavior.

Rachmawaty, F. 2015. Konseling kelompok untuk mengurangi simptom stres pada guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2), 129-144.

Sidauruk, B. H. 2014. PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EKSISTENSIAL-HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN SELF ESTEEM SISWA KORBAN BULLY DI SMP N 1 SILIMAKUTA TA 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, S., & Pangestu, W. T. 2021. BENTUK BIMBINGAN KONSELING GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDN GEMARANG 7. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(2), 294-300.

Susilo, N. A. R., Supriyanto, A., & Hartini, S. 2021. Studi Literasi: Peran Konseling Kelompok Eksistensial Sebagai Strategi Mereduksi Perilaku Insecure di Sosial Media Selama Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Taharani, A. F. 2018. Konseling Kelompok dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai Budaya Gayo “Alang Tulung” untuk Mengurangi Sikap Apatis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 146-154).

Taharani, A. F. 2018. Konseling kelompok dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai Budaya Gayo “Alang Tulung” untuk mengurangi sikap apatis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 146-154).

Wahyuning, S. 2020. PENGARUH KONSELING KELOMPOK HUMANISTIK DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING DAN CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Wahyuningtyas, T. A. 2018. Eksistensial Humanistik berbasis kebudayaan Betawi dalam kesetaraan gender untuk meningkatkan self esteem. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 176-189).

Wijaya, R. S. 2014. Model konseling kelompok eksistensial humanistik untuk mengurangi kecemasan siswa menentukan arah peminatan SMA Negeri Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Wingkel, W.S. dan M. M. Srihastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi.

Yulianti, A. 2020. Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA). AL-IRSYAD, 10(1), 86-95.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.18073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heri Febri Yadi, Firman Firman, Netrawati Netrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: