Perancangan Sistem Kontrol Rotasi Antena Tv Dengan Arduino

Moh Shofiyullah, Sulistiyanto Sulistiyanto

Abstract


Perkembangan teknologi zaman sekarang yang semakin berkembang. Banyak masyarakat yang merasa tidak nyaman pada saat menonton acara televise, pada saat keadaan cuaca buruk, hujan besar serta angina besar sering sekali merubah arah antena televise dan membuat orang yang sedang menonton acara kesayangannya harus memperbaiki antenna tersebut  dengan memutar penyangga atau dengan memanjat ke atap rumah. Pada beberapa rumah masyarakat atap nya ada yang sudah berlumut. Penelitian ini akan membuat alat pengatur arah antenna luar yang dapat diatur oleh manusia dari jarak jauh menggunakan alat control (android). Alat control tersebut di bantu oleh beberapa perangkat keras (hadware) seperti Bluetooth hc-05, arduino dan motor dc untuk pergerakan arahnya. Alat control ini bias mengatur pergerakan arah antenna dengan rotasi rotasi pergerakan yang dimilikinya.


Keywords


Bluetooth hc-05, Motor DC, Android.

References


Parubak, P., Putra, D. B. G. P., Gurion, B., Yuwono, R., & Purnomo, M. F. E. (2014). Rancang Bangun Antena Penyearah (Rectifier Antenna) Untuk Pemanen Energi Elektro magnetik Pada Frekuensi GSM 1800 MHz. Jurnal Mahasiswa TEUB, 2(5).

Rahman, F., & Sulistiyanto, S. (2019). Prototipe Palang Pintu Parkir Otomatis dan Informasi Parkir Kendaraan Roda Empat di Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan Sensor Infra Red Berbasis Mikrokontroller. JEECOM: Journal of Electrical Engineering and Computer, 1(1).

Priatmoko, D. (2017). Perancangan Antena Dipole Untuk Komunikasi Frekuensi Radio 11Mhz (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).Aryza, S. (2018). Metode Penerapan Baru Pada Antena Mikrostrip Didalam Sistem Telkomunikasi Nirkabel. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(1), 48-52.

Eko, Neilcy Tjahjamooniarsih, F. Trias Ponti. Rancang Bangun Pointing Antena Outdoor Untuk Mengoptimalkan Sinyal Daya Terima pada Modem Wigo4G Pontianak https://media.neliti.com/media/publications/190854-ID-rancang-bangun-pointing-antena-outdoor-u.pdf

Era Apriliana (2016). Pengertian Antena Di peroleh Maret 15, 2018 dari : http://eprints.polsri.ac.id/4002/3/File%20III.pdf.

MARADI, Ade Yan, et al. Pemanfaatan Android untuk Sistem Kendali Robot Penembak dengan Mikrokontroler. CYCLOTRON: JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 2020, 3.1.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v7i1.7197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moh Shofiyullah, Sulistiyanto Sulistiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: