Rancang Bangun Pendeteksi Letak Material di Rak Gudang PLN (Perusahaan Listrik Negara) Menggunakan SIM-800L ARDUINO

Faisal Bachtiar, Desriyanti Desriyanti, Didik Riyanto

Abstract


Sebagai perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)   ketenagalistrikan, PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Persero ULP(Unit Layanan Pelanggan) Pacitan mempunyai proyek pembangunan infrastruktur kelayakan material listrik. Di perusahaan disediakan puluhan rak gudang penyimpanan material listrik. Rak gudang tersebut difungsikan agar material mudah didata, akan tetapi proses pendataan material masuk dan keluar stok barang di dalam rak gudang masih manual. Material komponen listrik yang beragam jenis dengan struktur gudang yang luas dan model rak gudang bertingkat dirasakan kurang efisien tanpa diimbangi teknologi informasi tata letak material. Sumber data pada penelitian ini menggunakan library research dan desain sistem pada penentuan spesifikasi komponen komponen alat. Perancangan pendeteksi letak material di rak gudang menggunakan LED (Ligt Emitting Dioda) sebagai indikator letak material, SIM800L sebagai komunikasi dua arah, LCD 4x16 sebagai tampilan informasi, print thermal sebagai data pengeluaran barang, WiFi ESP8266 sebagai komunikasi dengan database php myAdmin dan arduino mega 2560 sebagai mikrokontroler sehingga dapat cepat, tepat dan akurat dalam proses pencarian barang. Dengan kondisi rangkaian yang dapat bekerja dengan baik, sistem memberikan informasi berupa pesan singkat SMS (Short Message System) letak material yang dibutuhkan, dengan indikator lampu led menyala pada setiap rak penyimpanan, print out dari print thermal dan update database material di PT PLN (Persero) ULP Pacitan.

Kata Kunci— Information, Warehouse, PLN ULP Pacitan, Arduino, SMS


References


Alif, R. (2016). Implementasi Sistem Peminjaman dan Pengembalian Buku dengan Teknologi RFID di Perpustakaan Jurusan Teknik Elektro. Universitas Negeri Semarang.

Andrianto, D. (2017). Arduino Belajar Cepat dan Pemrograman. Bandung: Informatika.

Jogiyanto, HM, MBA, Akt, Ph.D. (1999). Pengenalan Komputer Dasar Ilmu Komputer, Pemograman, Sistem Informasi dan Intelegensi. Yogyakarta : Andi offset.

Jogiyanto HM. (2001). analisis dan desain sistem informasi pendekatan terstruktur. Yogyakarta : Andi offset.

Nurcahyo, S. (2012). Aplikasi dan teknik pemrograman mikrokontroler AVR Atmel. Yogyakarta: Andi offset.

Ridha, A. (2015). Rancang Bangun Loker Penitipan Barang Menggunakan Barcode KTM dan PIC Berbasis Arduino. Universitas Muhammadiyah Malang.

Seiko Instrument Inc. (1987). LCD M1632 User Manual. Aplplication Note: AN.No.1632.711E, 31.

SIMCOM. (2013). Datasheet. SIM800L_Hardware_Design_V1.00, Copyright © Shanghai Simcom Wireless Solutions Ltd 2013.

SIMCOM. (2015). Datasheet. SIM800 Series_AT Command Manual_V1.09 2015/08/03.pdf. Copyright © Shanghai Simcom Wireless Solutions Ltd 2015.

D Riyanto. (2017). Perancangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Sebaran Pasien Keterbelakangan Mental Di Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v6i2.5991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Faisal Bachtiar, Desriyanti Desriyanti, Didik Riyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: