Sistem Monitoring Inkubator Bayi

Qory Hidayati, Nur Yanti, Nurwahidah Jamal

Abstract


Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum minggu ke 37 atau lebih awal dari hari perkiraan lahir. Berbagai masalah yang dapat ditimbulkan oleh kelahiran prematur. Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badan lahirnya pada saat kelahiran kurang dari 2500 gram. Dahulu neonatus dengan berat badan lahir kurang dari 2500 gram atau sama dengan 2500 gram disebut prematur. Bayi prematur mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan. Banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya angka kematian bayi prematur. Salah satunya yaitu minimnya pengawasan kondisi tubuh bayi prematur setelah lahir. Pada penelitian ini, dibuat sebuah sistem yang dimplementasikan pada inkubator yaitu sistem monitoring. Sistem monitoring menggunakan bluetooth sebagai media komunikasi untuk monitoring. Untuk monitoring bayi, digunakan load cell untuk mengukur berat bayi, DS18B20 untuk mengukur suhu tubuh bayi, dan pulse sensor untuk mengukur detak jantung bayi.

Kata Kunci— Monitoring, suhu, load cell, pulse sensor, bluetooth.


References


Berliana, Sarni Maniar. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kelahiran Prematur Di Indonesia: Analisis Data Riskesdas 2013. E-journal widya kesehatan dan lingkungan. (2014)

Sitohang, Nur Asnah. Asuhan Keperawatan Pada Bayi Berat Badan Lahir Rendah. Medan: Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Sumatera Utara. (2004)

Syahrul. “Pengembangan Inkubator Bayi Dan Sistem Pemantauan Remote”. Jurnal Tekno lnsentif Kopwil4, Vol. 6, No. 2, oktober. Unikom Bandung. (2012): 9-17.

Sulistyo Ary, U. “Monitoring Baby Incubator Sentral dengan Komunikasi Wireless”, Jurnal Simetris, Vol. 9 No. 1 April (2018): 225 - 230

Dr. Marianti. “Kenali Tingkat Bilirubin Normal pada Bayi Baru Lahir”. www.alodokter.com/kenali-tingkat-bilirubin-normal-pada-bayi-baru-lahir (diakses tanggal 18 Februari 2019 pukul 12.50)

Hidayati, Qory. “Intelligent Control System of Fire-Extinguishing and Obstacle-Avoiding Hexapod Robot”, Kinetik, 3, No.1 ( 2018), Pp. 1-10

Andi Romi, W. (2018), “Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu dan Kelembaban Pada Alat Baby Incubator Berbasis Internet Of Things”, Jurnal Teknologi, 6, (2018): 52 - 70




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v6i2.5989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Qory Hidayati, Nur Yanti, Nurwahidah Jamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: