KOORDINASI DOCR PADA SISTEM DISTRIBUSI DENGAN PEMBANGKIT TERSEBAR MENGGUNAKAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK BPCG

Moh Asief, Daeng Rahmatullah, Iradiratu Diah Prahmana Karyatanti, Istyo Winarno

Abstract


AbstractKebutuhan listrik yang semakin besar harus didukung sistem proteksi yang handal. Pada sistem distribusi sistem proteksi digunakan untuk mendeteksi arus gangguan hubung singkat dan beban lebih karena dampak dari pembangkit tersebar. Pengaturan rele proteksi dapat dilakukan dengan menghitung manual untuk mendapatkan nilai TDS dan Ipickup di setiap kombinasi pembangkitan. Perhitungan manual cukup rumit dan memakan waktu lama. Dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) maka cukup menghitung sekali di setiap kombinasi pembangkitan dari data pehitungan manual. Penelitian ini menggunakan algoritma Artificial Neural Network Backpropagation Conjugate Gradient (ANN BPCG) agar mendapatkan pengaturan yang tepat pada setiap perubahan kondisi pembangkitan. Proses Pelatihan ANN menghasilkan nilai Mean Squared Error (MSE) pada neuron 27 sebesar  0.45818. Rata-rata selisih keseluruhan dari TDS rele 1 sampai rele 15 pada setiap kondisi pembangkitan adalah 0.0011 detik dan rata-rata persentase selisih keseluruhan adalah 0.1081%.  Hasil penelitian ini dibuktikan dalam simulasi software. ANN BPCG merupakan metode yang cocok untuk memodelkan sistem koordinasi DOCR pada sistem distribusi dengan pembangkit tersebar.


References


Abrar Tanjung, “Rekonfigurasi Sistem Distribusi 20 KV Gardu Induk Teluk Lembu dan PLTMG Langgam Power untuk Mengurangi Rugi Daya dan Drop Tegangan”, Vol. 11 No. 2, Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning, Juni, 2014.

Aditya Descara Putra, Ardyono Priyadi dan Margo Pujiantara, “Optimalisasi Koordinasi Directional Over Current Relay (DOCR) pada Sistem Distribusi Mesh Menggunakan Modified Adaptive Particle Swarm Optimization (MAPSO) dengan Pembangkit Tersebar”, Vol. 5 No. 2, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Januari, 2015.

Amin Yazdaninejadi, Sajjad Golshannavaz and friend, “Dual-Setting Directional Overcurrent Relays for Protecting Automated Distribution Network”, IEE, August, 2017.

Daeng Rahmatullah, “Setting DOCR Adaptif pada Sistem Distribusi dengan Pembangkit Tersebar Menggunakan Algoritma PSO–Neural Network”, [TESIS], Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Juni, 2017.

Karyana, ”Pedoman dan Petunjuk Sistem Proteksi Transmisi dan Gardu Induk Jawa Bali”, Jakarta , September, 2013.

Rahim Atmanegara, Istiyo Winarno, Iradiratu DPK, Belly Yan Dewantara, Daeng Rahmatullah. “Optimalisasi Koordinasi Relay Arus Lebih Kapal Bulk Carrier 50.000 DWT (Dead Weight Ton) Menggunakan Metode Genetic Algorithm”. Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya, Juli, 2019.

Rizky Fadhli asben, Margo Pujiantara dan Ardyono Priyadi, “Koordinasi Proteksi Adaptif Rele Arus Lebih Digital Menggunakan Metoda Artificial Neural Network pada Sistem Mesh dengan Pembangkit Tersebar”, Vol. 5 No. 2, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 2016.

Turaj Amraee, “Coordination of Directional Overcurrent Relays Using Seeker Algoritm ”, IEE, Vol. 27 No. 3, July, 2011.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v9i1.13401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: