SISTEM PENYALAAN LAMPU SEIN OTOMATIS SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN SENSOR KECEPATAN DAN KESEIMBANGAN

Ahson Rezza Subekti, Dian Efytra Yuliana

Abstract


Pada kendaraan sepeda motor kita di haruskan untuk mematikan lampu sein secara manual dan kebanyakan seseorang bahkan lupa mematikan lampu sein setelah menyalakannya pada saat setelah berbelok, pada permasalahan yang ada disini dapat di simpulkan bahwa di perlukannya suatu alat yang dapat mematikan lampu sein secara otomatis bahkan menyalakannya secara otomatis untuk mengurangi kesalahan komunikasi antar pengguna jalan yang diakibatkan oleh kelalaian seseorang mematikan  lampu sein. Pada penelitian ini telah dilakukan pemanfaatan beberapa sensor yang bertujuan untuk menyalakan dan mematikan lampu sein secara otomatis pada sepeda motor.

Penelitian ini menganalisa penyalaan lampu sein otomatis sepeda motor dan diperoleh sensor kecepatan yang digunakan untuk membaca putaran roda dan mengaktifkan sensor keseimbangan stir kemudi sepeda motor, Sensor stir kemudi sepeda motor (rotary encoder) yang berguna memberi inputan untuk menyalakan lampu sein otomatis dengan nilai <0 maka lampu sein akan menyala kiri dan sebaliknya jika >0 maka lampu sein akan nyala kanan. Apabila sensor kecepatan (LM393) memiliki nilai berapapun >0rps dan sensor keseimbangan (MPU 6050) pada sudut >80° maka sein tidak akan menyala/mati. ketika sudut keseimbangan mendeteksi kemiringan sepeda motor dengan nilai <80° ke kanan maka sein kanan akan menyala, apabila sudut keseimbangan mendeteksi kemiringan sepeda motor dengan nilai <80° ke kiri maka sein kiri akan menyala.

Keywords


Arduino; Lampu Sein; LM393; MPU 6050

References


Y. V. Via, B. Rahmat, R. G. Saputra, dan others, “IMPLEMENTASI BERBASIS ARDUINO UNO R3 UNTUK PROTOTIPE LAMPU SEIN OTOMATIS PADA KENDARAAN,” in Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019, 2019, hal. 233–237.

F. R. Adha, M. Yusro, dan P. Yuliatmojo, “SISTEM LAMPU SEIN MATI OTOMATIS, DETEKSI TITIK BUTA PENGENDARA, DAN ENGINE STOP BERBASIS ARDUINO PADA SEPEDA MOTOR,” J. Pendidik. VOKASIONAL Tek. Elektron., vol. 1, no. 1, hal. 18–21, 2018.

Y. B. Praharto, C. Wicaksana, dan others, “Perancangan Alat Penetral Lampu Sein Sepeda Motor Otomatis Berbasis ARDUINO R3,” Iteks, vol. 8, no. 1, 2016.

W. Warsono, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Otomatis Lampu Sein dan Lampu Rem Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler Arduino,” Universitas Negeri Padang, 2020.

I. Dwisaputra, P. Silalahi, B. Cahyawan, dan I. Akbar, “Lampu Sein Helm Sepeda Berbasis Voice Recognition,” Manutech J. Teknol. Manufaktur, vol. 11, no. 01, hal. 20–25, 2019.

R. A. Putra dan others, “Pemanfaatan LM393 IR Sensor Module Sebagai Pengukur Kecepatan Rotasi Berbasis Mikrokontroler,” J. Hadron, vol. 1, no. 1, hal. 12–15, 2019.

A. Nurmastika, D. Erwanto, A. D. Rosanti, dan F. A. Fiolana, “Rancang Bangun Alat Pengukur Kadar Asam Askorbat pada Buah dengan Metode Titrasi Iodimetri,” 2018.

B. Firman, “Implementasi Sensor IMU MPU6050 Berbasis Serial I2C pada Self-Balancing Robot,” J. Teknol. Technoscientia, hal. 18–24, 2016.

D. Erwanto, T. Sugiarto, dan others, “Sistem Pemantauan Arus Dan Tegangan Panel Surya Berbasis Internet of Things,” MULTITEK Indones., vol. 14, no. 1, hal. 1–12, 2020.

M. Fezari dan A. Al Dahoud, “Integrated Development Environment ‘IDE’ For Arduino,” WSN Appl., hal. 1–12, 2018.

M. A. Fikri, D. Erwanto, dan D. E. Yuliana, “Rancang Bangun Alat Prediksi Kondisi Tubuh Ideal Menggunakan Metode Fuzzy Logic Sugeno,” Setrum Sist. Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, Jun 2018.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v8i2.10533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: