Penerapan Koreksi Warna Pada Citra Bagi Penyandang Buta Warna Parsial

Anggara Permana Putra, Farraday Alif Fiolana, Diah Arie Widhining Kusumastutie

Abstract


Buta warna (Color Vision Deficiency) adalah penurunan kemampuan untuk melihat warna atau perbedaan warna. Dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 255 juta jiwa, sebanyak 0,7% terkena kelainan genetika yang penyandangnya tidak mampu membedakan tingkat gradasi suatu warna. Sedangkan diluar Indonesia belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penyandang buta warna, akan tetapi dalam sebuah survei sebesar 8% laki - laki di dunia adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan yang menyandang buta warna adalah 0,4%. Buta warna umumnya terjadi pada sel kerucut yang terletak di retina mata manusia. Ada berbagai cara dan teknik untuk membantu penyandang buta warna mendapatkan informasi dari objek sensitif warna. Salah satunya dengan memanfaatkan pengolahan citra digital. dalam penelitian ini penulis membahas penggunaan pengolahan citra digital untuk memanipulasi citra sehingga dapat lebih dikenali oleh penyandang buta warna menggunakan Algoritma Daltonisasi LMS, pada metode ini dilakukan simulasi ke 3 jenis persepsi penglihatan dengan memanipulasi citra pada ruang warna LMS, kemudian error pembandingan citra simulasi dengan citra asli akan dijadikan parameter penggeser untuk citra hasil. Citra hasil diujikan ke 86 responden sesuai jenis buta warna parsial yang diderita. Hasil pengujian membuktikan rata - rata tingkat pengenalan keseluruhan meningkat dari 38,61% ke 95,1% dengan besar simpangan rata-rata berubah dari 26,2% ke 5,06%.

Keywords


Daltonisasi LMS; Buta warna parsial; CVD

References


D. Keene, “A Review of Color Blindness for Microscopists: Guidelines and Tools for Accommodating and Coping with Color Vision Deficiency,” Microsc. Microanal., vol. 21, pp. 1–11, 2015.

M. J. Tovee, An Introduction to the Visual System. 2008.

R. W. G. Hunt and M. R. Pointer, Measuring Colour. 2011.

V. Singh and V. Thakur, “To Compensate Deuteranopia & Protanopia : An Efficient Approach in Image Processing ( DAA ),” Int. J. Trend Res. Dev., vol. 4, no. 4, pp. 197–202, 2017.

Adobe Systems, “Adobe RGB (1998) Color Image Encoding,” Adobe Syst. Inc., vol. 2704, no. 05/2005, pp. 1–20, 2005.

N. Moroney, M. D. Fairchild, R. W. G. Hunt, C. Li, M. R. Luo, and T. Newman, “The CIECAM02 color appearance model,” Final Progr. Proc. - IS T/SID Color Imaging Conf., pp. 23–27, 2002.

C.-N. Anagnostopoulos, G. Tsekouras, I. Anagnostopoulos, and C. Kalloniatis, “Intelligent modification for the daltonization process of digitized paintings,” Int. Conf. Comput. Vis. Syst., no. March 2017, 2007.

A. Tasnim and I. I. E. X. W. Ork, “An Improved Dynamic Daltonization for Color - Blinds.”




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v8i1.10246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: