Analisis Faktor Terhadap Komoditas Pangan di Kabupaten Gresik

Anik Rufaidah

Abstract

Komoditas pangan merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan manusia, denganterpenuinya komoditas pangan maka kesejahteraan manusia dapat terpenuhi. Untuk mengingkatkan ketahanan pangan yang ada di lingkungan kabupaten Gresik, sehingga perlu diadakan penelitian tentang semua komoditas pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat pada tahun 2016 dan 2017. Hal ini perlu dilakukan penelitian tentang faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap komoditas pangan di kabupaten Gesik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yang mana hasil analisis faktor pada tahun 2016 didapat faktor 1 diantaranya tanaman jagung(X2), tanaman umbi(x4), tanaman pangan(X5) dan tanaman buah-buahan(X6). Dan untuk variabel yang masuk dalam faktor 2 diantaranya yaitu tanaman padi(X1), tanaman kedelai(X3) dan tanaman sayur(X7). Sedangkan untuk analisis faktor pada tahun 2017 adalah faktor 1 yaitu tanaman jagung (X2), tanaman buah-buahan (X5) dan tanaman sayur-sayuran(X6). Sedangkan faktor 2 yaitu tanaman padi (X1) dan tanaman pangan (X4). Dan untuk yang masuk dalam faktor 3 diantaranya tanaman kedelai (X3) dan tanaman umbi (x4), untuk tanaman jagung, buah-buahan dan sayur.

Kata Kunci: Analisis Faktor, Komoditi.

 

ABSTRACT

Food   commodities are important to supply human needs, with supplied by food commodities, human life can be prosperous. To improve the food durability in Gresik regency, it is necessary to research on all food commodities consumed by public in 2016 and 2017. This necessarily is to research on what factors affect of the food commodities in Gresik district, so it can improve people’s welfare. Which result of factors analyzed in 2016, they used plant as variables for factor 1 were corn (X2), tuber (X4), food crop (X5) and fruit (X6). And for the variables included in factor 2 were rice (X1), soybean(X3) and vegetable (X7). Whereas in 2017 the plant as variable analyzed  of factor 1 are corn (X2), fruit (X5) and vegetable (X6). And of factor 2 are rice (X1) and food corp (X4). And for those included of factor 3 are soybean (X3) and tuber (X4), for corn, fruits and vegetables.

Keyword: Factor Analyzed, commodities.

Keywords

Analisis Faktor, Komoditi;

Full Text:

PDF

References

Hines, W & Montgomery, D. (1990). Probabilita Dan Statistik Dalam Ilmu Rekayasa Dan Manajemen. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Johnson, R.A. dan Wichern, D. W, (2002), Applied Multivariate Statistical Analysis, Pentice Hall Inc, New Jersey.

Rancer, A. c(1995) Methods of Multivariate Anlysis, John Weley & sons, Neyw York.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Walpole, Ronald E. (1990). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v11i2.4421

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Anik Rufaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.