ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERDASARKAN ALIRAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIFO (STUDI KASUS DI PJ. MADURA SARI SAMPANG)

Septian Adi Dwi Cahya, Iffan Maflahah, Mohamad Fuad Fauzul Muktamar

Abstract

Persediaan barang merupakan sesuatu yang dimiliki perusahaan berupa barang untuk bisa dijual kembali. Perusahaan mempunyai persediaan barang biasanya berupa bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi. Kondisi persediaan barang bagi perusahaan berperan penting dan mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kelayakan usaha. Oleh karena itu analisis persediaan barang yang tepat menjadi sesuatu hal yang sangat diperlukan bagi perusahaan. Salah satu analisis untuk menentukan persediaan barang adalah dengan menggunakan metode FIFO. Metode FIFO merupakan suatu metode penilaian persediaan yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan yang mempunyai kondisi bahan baku yang semakin meningkat di setiap periodenya. Penggunaan metode FIFO pada penelitian kali ini akan diterapkan di PJ Madura Sari Sampang Khususnya pada produk jamu galian rapet wangi. Produk jamu galian rapet wangi merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh PJ Madura Sari dengan rata-rata penjualan yang cukup tinggi dibanding produk-produk lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode FIFO mempunyai nilai harga pokok penjualan yang lebih rendah dibanding metode rata-rata tertimbang yang digunakan oleh perusahaan yaitu sebesar Rp 108.107.000 untuk metode FIFO dan Rp 108.453.489 untuk metode rata-rata tertimbang. Dari hasil analisis harga pokok penjualan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan sebesar Rp 346.489. Pada perbandingan nilai persediaan akhir menunjukkan bahwa metode FIFO menghasilkan nilai yang lebih tinggi dari pada metode rata-rata tertimbang yaitu sebesar Rp 26.083.000 sedangkan untuk metode rata- rata tertimbang yaitu sebesar Rp 25.889.510.

Keywords

persediaan; metode FIFO; jamu; harga pokok penjualan;

References

Sudayat RI. 2009. Penilaian persediaan bahan baku. http://penilaian-persediaa-bahan.html Diakses pada tanggal 22/09/2013.

Erlina. 2002. Manajemen persediaan bahan baku dengan penyesuaian harga pokok penjualan [Skripsi].

Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v6i1.2099

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Septian Adi Dwi Cahya, Iffan Maflahah, Mohamad Fuad Fauzul Muktamar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.