KANDUNGAN FORMALIN DAN BORAKS PADA PANGAN JAJANAN DI KABUPATEN BANGKALAN

Laila Khamsatul Muharrami, Yunin Hidayati

Abstract

Pangan jajanan merupakan makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan dan tempat-tempat umum lain yang langsung dimakan atau dikonsumsi kemudian tanpa pengolahan atau persiapan lebih lanjut. Oleh karena itu, keamanan pangan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Salah satu penentu keamanan pangan adalah adanya zat-zat kimia berbahaya yang tidak boleh digunakan sebagai bahan tambahan pangan seperti formalin dan boraks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya formalin dan boraks dalam pangan jajanan yang dijual di sekitar kabupaten Bangkalan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Identifikasi dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Identifikasi kualitatif boraks dengan menggunakan kertas kurkumin. Tes positif, jika terjadi perubahan warna dari kuning menjadi merah kecoklatan. Identifikasi kualitatif formalin menggunakan larutan PK. Tes positif, jika terjadi perubahan warna larutan PK dari pink menjadi memudar. Hasil identifikasi kuantitatif pangan jajanan menunjukkan bahwa presentase terbesar kandungan boraks ada pada tahu balut telur daerah Socah yaitu 213ppm dan presentase terbesar kandungan formalin ada pada kerupuk daerah Arosbaya yaitu 45ppm.

Keywords

pangan jajanan, bahan tambahan pangan, formalin, boraks

Full Text:

PDF

References

Aprilianti Ayudiah, dkk. 2010. “Studi Kasus Penggunaan Formalin pada Tahu Takwa Di Kotamadya Kediri”. PKM Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Dewi S. 2010. “Kecukupan Energi dan Protein serta Sumbangan Energi dan Protein Makanan Jajanan pada Anak SD NEGERI No. 060822 Kecamatan Medan Area” . Fakultas Kesehatan Masyarakat. Univesitas Sumatera Utara.

Har Riyadi Putut, , Nur Bambang Azis, Winarni Agustini Tri. 2007. “Analisis Kebijakan Keamanan Pangan Produk Hasil Perikanan di Pantura Jawa Tengah dan DIY”. FPIK. UNDIP.Semarang.

Jamaludin, Drs, M.Si. http://www.ut.ac.id/html/suplemen/peki4422/bag/204.htm, diakses pada tanggal 8 Oktober 2013.

Lestari ,Indri . 2010. “Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Produsen dengan Derajad Keberadaan Boraks dalam Kerupuk di Desa Sijeruk Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal”. UNIMUS Digital Library. UNIVERSITAS Muhammadiyah Semarang. Semarang.

Monita Sari Dewi. 2003. “Studi Keamanan Mikrobiologi dan Cemaran Logam Berat (Pb dan Cu) Pada Makanan Jajanan di Bursa Kue Subuh Pasar Senen Jakarta Pusat”. Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian.IPB.

Oktavia SR, Lambok. 2012. “Pengaruh Pengetahuan dan Motif Ekonomi terhadap Penggunaan Formalin dan Boraks oleh Pedagang Dalam Pangan Siap Saji (Bakso) di Kecamatan Medan Denai dan Medan Tuntungan”. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.Medan.

Oktavrilani Charisa . 2010 “Degradasi Kadar Formalin pada Ikan Asin dengan Variasi Konsentrasi Air Leri”. UNIMUS Digital Library Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang.

Putri Sitiopan T , Henny. ( 2012). “Studi Identifikasi Kandungan Formalin Pada Ikan Pindang Di Pasar Tradisional Dan Modern Kota Semarang”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, UNDIP.Semarang. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012, Halaman 983 – 994.

Rahmanita, Ira. 2011. “Hubungan Pengetahuan, Sikap serta Perilaku Ibu mengenai Jajanan Anak SD Yang Mengandung Bahan Pengawet dan Pewarna di Kelurahan Beringin Jambi Tahun 2011”. Program Studi Pendididkan Dokter Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Rinto, Elmelzi Arafah, Budi Utama. 2009. “Kajian Kemanan Pangan (Formalin, Garam, Mikrobia) pada Ikan Sepat Asin Produksi Indralaya”. Jurnal Pembangunan Manusia Vol.8 No.2 tahun 2009. Universutas Sriwijaya. Indralaya.

Saparinto Cahyo dan Hidayati Diana. 2006. “Bahan Tambahan Pangan”. Kanisius. Yogyakarta.

Yasmin Ghaida dan Madanijah Siti . 2010. “Perilaku penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Terhadap Keamanan Pangan di Jakarta dan Sukabumi. Jurnal Gizi dan Pangan”. 2010.Volume 5(3): 148–157. Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v6i1.2098

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Laila Khamsatul Muharrami, Yunin Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.