Presensi Wireless Otomatis menggunakan Face Recognition

Firmansyah Adiputra, Faikul Umam

Abstract

Presensi adalah sebuah daftar yang digunakan untuk mencatat kehadiran seseorang serta tingkat kedisplinan dari anggota dalam suatu instansi, institusi atau perusahaan. Sistem yang digunakan dalam presensi juga mengalami banyak perkembangan yakni mulai dari sistem presensi yang memakai kertas, sistem mesin check clock, sistem smart cards (RFID), hingga sistem yang paling terbaru ialah sistem presensi biometrik (fingerprint recognition, retina recognition, dan face recognition). Dalam penelitian ini, sistem yang digunakan pada alat presensi adalah salah satu dari sistem biometrik yaitu sistem face recognition. Hal ini, dikarenakan sistem biometrik face recognition dinilai paling efektif dari pada menggunakan sistem presensi lainnya dan juga untuk meminimalisir kecurangan dalam presensi, seperti titip tanda tangan dan titip kartu. Sebelum proses pengenalan wajah dilakukan, terdapat proses deteksi wajah atau face detection yang akan terlebih dahulu mengindikasikan bahwa dalam gambar tersebut terdapat wajah manusia atau tidak. Untuk melakukan hal tersebut face detection memerlukan sebuah metode, yakni Skin Color Segmentation yang dapat memberikan indikasi secara spesifik pada sebuah gambar atau image, dengan cara mengidentifikasi jumlah pixel yang ada dalam persegi saja dan bukan nilai setiap pixel yang ada pada keseluruhan image. Kemudian hasil dari proses face detection ini, akan diolah untuk proses face recognition, yang mana dalam proses ini juga memerlukan metode yakni Principal Component Analysis (PCA).

Keywords

Presensi; Website Presensi; Face Detection; Skin Color Segmentation; Principal Component Analysis

References

Nurul, D.A, Bambang, H, dan Suci, A. 2015. “Sistem Absensi Pengenalan Wajah Otomatis Berbasis Video Menggunakan Metode Gabor Wavelet”. Repository Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 463: 419-424.

Andhika D.L. Tumuli, Xaverius B.N. Najoan, dan Alwin. S. 2017. “Implementasi Teknologi Biometrical Identification Untuk Login Hotspot”. E-journal Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi, ISSN: 2301-8364.

Rico, D.S dan Anggit, D.H. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Visual Basic Pada Jogja Fitnes”. Jurnal Ilmiah DASI¬¬, ISSN: 1411-3201.

Endang, dan Widi. 2017. Sejarah Dan Jenis-Jenis Mesin Absensi, .

Helmi, Y.F, Antonius I.S, dan Imam, P. 2017. “Rancang Bangun Sistem Absensi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (STTC) Berbasis Radio Frecuency Identification (RFID)”. Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik, ISSN: 2407-1846.

Laily, N.S. 2018. “Deteksi Wajah Dalam Sistem Absensi Otomatis Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor”. Simki-Techsain, ISSN: 2599-3011.

Diah A, Muhammad N.I, dan Puspita, S. 2017. “Prototype Sistem Absensi dengan Metode Face Recognition Berbasis Arduino pada SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang”. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, ISSN: 2302-3805.

Tamara.O.D, A.Asni.B, dan Mayda.W . 2019. “Identifikasi Wajah Dengan Segmentasi Warna Kulit Menggunakan Viola Jones”. Jurnal Teknik Elektro UNIBA, E/P-ISSN: 2549-0842/2528-6498.

Adinda, R.S, dan Gunawan, A. 2017. “Sistem Deteksi Wajah Dengan Modifikasi Metode Viola Jones”. Jurnal Teknik Elektro, ISSN: 1411-8890.

Salamun, S dan Firman, W. 2016. “Rancang Bangun Sistem Pengenalan Wajah Dengan Metode Principal Component Analysis”. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi UNIVRAB, ISSN: 2477-2062.

Syafitri I. 2019. Pengertian RDBMS Beserta Fungsi dan Perbedaan RDBMS dengan DBMS,

CodeIgniter. 2019. CodeIgniter Documentation,

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v15i3.19762

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firmansyah Adiputra, Faikul Umam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.