Teacher Talk in EFL Classrooms A Look at Different Perspectives

Hairus Salikin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tuturan guru dari berbagai perspektif. Tuturan guru adalah jenis bahasa yang digunakan guru dalam proses belajar-mengajar. Lebih spesifik lagi, penelitian ini membicarakan tentang tuturan guru dalam seting kelas EFL. Ciri-ciri dari tuturan guru, banyaknya tuturan guru dalam seting kelas EFL adalah sangat penting untuk dibahas. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembicaraan dalam kelas EFL didominasi oleh guru. Ini berarti bahwa pelajar hanya mendapatkan sedikit kesempatan untuk menggunakan target language (TL). Guru mememodifikasi tuturan dalam kelas EFL dalam berbagai cara. Mereka memodifikasi aspek interaksi, sintaktik, leksikal, dan fonologikal. Dengan menginvestigasi fenomena diatas, diharapkan pelajar dan guru dapat memperoleh manfaat.


Keywords


tuturan guru; pelajar; kelas EFL

References


Chaudron, Craig. 1990. Second Language Classrooms: Research on teaching and learning. New York: Cambridge University Press.

Garton, Sue. 2002. Learner initiative in the language classroom. ELT Journal. 56(1) 47-55.

Hakansson, Gisela. 1986. Quantitative aspects of teacher talk. In G. Kasper, ed. Learning, Teaching and Communication in the Foreign Language Classroom. Denmark: Aarhus University Press.

Henzl, Vera M. 1973. Linguistic Register of Foreign Language Instruction. Language Learning. 23. 207-222.

_________. 1979. Foreign Talk in the Classrooms. International Review of Applied Liguistics. 17. 159 – 167.

Huda, Nuril. 1999. Language Learning and Teaching: Issues and Trends. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Nunan, David 1986. Understanding Language Classrooms : A guide for teacher-initiated action. New York: Prentice Hall.

._________.1991. Language Teaching Methodology: A textbook for teachers. New York: Prentice Hall.

Richards, Jack C. Platt, John and Platt, Heidi. 1992. Dictionary of Language Teaching & Applied Linguistsics. England: Longman Group UK Limited.

Ellis, Rod. 1990. Understanding Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v4i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.