THE ANALYSIS OF STYLISTIC DEVICES IN THE ADVERTISEMENT AT FOR WOMEN OF THE WORLD MAGAZINE
Abstract
Dalam artikel ini, penulis menganalisis piranti stilistika dengan menggunakan stilistika, discourse, pragmatik dan pragmastilistika. Teori ini digunakan untuk menginterpretasi bahasa iklan yang sederhana dan pendek. Dalam hasil analisis, ditemukan bahwa bahasa iklan dalam majalah For Women of the world menggunakan kalimat yang simple. Kata-kata dalam kalimatnya mengimplikasikan makna konotatif. Kalimatnya menggunakan bahasa kiasan. Penggunaan aspek stilistika digunakan untuk membujuk perhatian pembaca terhadap produk yang diiklankan. Pada akhirnya ditemukan bahwa open meaning berdeda dengan itended meaning. Pemerolehan intended meaning dilakukan melalui interpretasi kalimat dengan menggunakan beberapa langkah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminudin. 1995. Stilistika. Semarang: IKIP Semarang Press.
Bradford, Richard. 1997. Stylistic. USA and Canada: Routledge
Badib, Abbas A. 2005. Rhetoric. Surabaya: Unesa
Borman, Ernest G. 1991. Retorika. Jakarta: Erlangga.
Chomsky Noam. 2000. Bahasa dan Pikiran. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Eppert, Franz. 1990. Gramatik Lernen und Verstehen. Heilborn: Ernest Klett.
Hoeper, Jeffry D. And pickeing, James H. 1990. Poetry An Introduction. New york: Macmillan Publishing Company.
Hoed, Beny H. 2001. Dari logika Tuyul ke Erotisme. Magelang: Indonesistera.
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguitik. Jakarta: Gramedia
Leech, Geoffrey N. 1993. Principle of Pragmatics. New York. Longman Linguitic Library.
Natawidjaja, Suparman., 1986. Apresiasi Stilistika. Jakarta: Intermasa.
Pradopo, Rachmat D. 1994. Stilistika Humaniora. Nomor1-1994
Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika.. Jkarta: Grafiti.
Subyakto, Sri Utari. 1992. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Verdonk, Peter. 2002. Stylistics. Oxford: Oxford University Press.
Widowson, H. G. 1997. Stilistika dan Pengajaran Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi.1992. Promosi dan Reklame. Bandung: Mandar Maju.
_____________Women of The World Magazine. Vol 12 Februari 1999.
DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v5i2.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2011 Moch Maskuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :
FEE 400.000 IDR
Publisher
Department of English
University of Trunojoyo, Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra
ISSN: 1907-6665 (Print) ISSN: 2622-0474 (Online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at journal.trunojoyo.ac.id