THE ANALYSIS OF STYLISTIC DEVICES IN THE ADVERTISEMENT AT FOR WOMEN OF THE WORLD MAGAZINE

Moch Maskuri

Abstract


Dalam artikel ini, penulis menganalisis piranti stilistika dengan menggunakan stilistika, discourse, pragmatik dan pragmastilistika. Teori ini digunakan untuk menginterpretasi bahasa iklan yang sederhana dan pendek. Dalam hasil analisis, ditemukan bahwa bahasa iklan dalam majalah For Women of the world menggunakan kalimat yang simple. Kata-kata dalam kalimatnya  mengimplikasikan makna konotatif. Kalimatnya menggunakan bahasa kiasan.  Penggunaan aspek stilistika digunakan untuk membujuk perhatian pembaca terhadap produk yang diiklankan. Pada akhirnya ditemukan bahwa open meaning berdeda dengan itended meaning. Pemerolehan intended meaning dilakukan melalui interpretasi kalimat dengan menggunakan beberapa langkah.


Keywords


stylistic devices; advertisement; intended meaning

References


Aminudin. 1995. Stilistika. Semarang: IKIP Semarang Press.

Bradford, Richard. 1997. Stylistic. USA and Canada: Routledge

Badib, Abbas A. 2005. Rhetoric. Surabaya: Unesa

Borman, Ernest G. 1991. Retorika. Jakarta: Erlangga.

Chomsky Noam. 2000. Bahasa dan Pikiran. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Eppert, Franz. 1990. Gramatik Lernen und Verstehen. Heilborn: Ernest Klett.

Hoeper, Jeffry D. And pickeing, James H. 1990. Poetry An Introduction. New york: Macmillan Publishing Company.

Hoed, Beny H. 2001. Dari logika Tuyul ke Erotisme. Magelang: Indonesistera.

Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguitik. Jakarta: Gramedia

Leech, Geoffrey N. 1993. Principle of Pragmatics. New York. Longman Linguitic Library.

Natawidjaja, Suparman., 1986. Apresiasi Stilistika. Jakarta: Intermasa.

Pradopo, Rachmat D. 1994. Stilistika Humaniora. Nomor1-1994

Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika.. Jkarta: Grafiti.

Subyakto, Sri Utari. 1992. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Verdonk, Peter. 2002. Stylistics. Oxford: Oxford University Press.

Widowson, H. G. 1997. Stilistika dan Pengajaran Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi.1992. Promosi dan Reklame. Bandung: Mandar Maju.

_____________Women of The World Magazine. Vol 12 Februari 1999.




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v5i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.