EKSISTENSIALISME, STRUKTUR SOSIAL, DAN KUALITAS TOKOH RISNA DALAM FILEM UANG PANAI

nensilianti Nensilianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi eksistensi perempuan dalam filem “Uang Panai” yang terepresentasi dari pemeran utama Wanita Risna. Seorang perempuan berdarah Makassar dengan lingkungan sosial yang masih sangat memegang teguh nilai-nilai budaya dan tradisi dimana tokoh tersebut menunjukkan eksistensinya dalam menyikapi budaya dalam pernikahan Bugis-Makassar yaitu uang panai. Dalam sudut pandang perempuan (Risna) menunjukkan bahwa perempuan berusaha keras untuk melawan tradisi adat pernikahan tersebut. Teori feminisme eksistensialis dari tokoh Simone De Beauvoir digunaka sebagai acuan dalam menganalisis filem “Uang Panai”. Metode analisis data cerita menggunakan analisis yang berkaitan dengan eksistensialis perempuan.


Keywords


feminisme, sastra, bahasa dan budaya

References


Asriani Alimuddin 2020, Makna Simbolik Uang Panai Pada Perkawinan Adat Suku Bugis-Makassar Di Kota Makassar. JAQ: AL Qisti Jurnal Sosial dan Politik. Vol 10 (2). Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar.

Merisa Duwi 2020, Eksistensi Perempuan Pada Karya Sastra Peranakan Tionghoa Dalam Antologi Cerpen Yang Liu Karya Lan Fang: Kajian Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir. Universitas Negeri Surabaya.

Ester Lianawati 2020, Ada Serigala Betina Dalam diri Setiap Perempuan psikologi feminis untuk meretas patriarki. Yogyakarta, Buku Mojok Grup.

Siswadi, G. A. 2022. PEREMPUAN MERDEKA DALAM PERSPEKTIF FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR. JURNAL PENALARAN RISET (Journal of Reasoning Research), 1(01), 58-69.

Heriyanti, L., Sa’adah, N., & Andreyanto, N. 2020. Membaca Perempuan di Titik Nol: Perspektif Feminisme Eksistensialis. Jurnal Wanita dan Keluarga, 1(2), 35-44.

Megawati, M., & Misnawati, D. 2022. Perspektif Budaya Uang Panai dan Status Sosial pada Perkawinan Suku Bugis Bone di Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2860-2866.

Darussalam, M. F. 2020. Dampak Psikologis Laki-laki Terhadap Tingginya Uang Panai (Belanja Pernikahan) di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Muhammad Karim HS 2020 Buku Mahar Services Dalam Pernikahan Islam. Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau. Guepedia

Prameswari, N. P. L. M., Nugroho, W. B., & Mahadewi, N. M. A. S. 2019. Feminisme eksistensial Simone de Beauvoir: Perjuangan perempuan di ranah domestik. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(2), 1-13.

Rinaldi 2022, Buku Uang Panai Sebagai Harga Diri Perempuan Suku Bugis (Tinjauan Sosiologis Teori Status Sosial, Teori Perubahan Social Dan Teori Pertukaran Sosial). Sukabumi: HauraUtama.




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v17i2.20045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nensilianti Nensilianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 width=  width=  width=   width=  width=  width=  width=

Publisher

Department of English
University of Trunojoyo, Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

 

Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

ISSN: 1907-6665 (Print) ISSN: 2622-0474 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at journal.trunojoyo.ac.id