Rezim Partisi Dalam Cerpen Dari Masa Ke Masa Karya A.A Navis

MUNA ALFADLILAH

Abstract


Salah satu fenomena sosial yang memandang suatu perbedaan dalam berpendapat adalah memposisikan diri kita saat berkumpul dengan masyarakat. Dengan menilik posisi kelas sosial yang lebih condong diakui dan menjadi penasehat seperti orang yang dituakan menjadi salah satu hal yang politik. Penelitian ini menguak bentuk rezim partisi pada cerpen “Dari Masa ke Masa,” karya A.A. Navis. Teori yang peneliti terapkan adalah teori distribusi sensibilitas oleh Jacques Ranciere. Sebagaimana kesadaran subjek merupakan hasil dari kelas sosial yang menjadi agen dari berbagai subjek imajiner yang dikonstruksi oleh wacana. Cerpen Dari Masa Ke Masa menggambarkan adanya tokoh-tokoh yang telah di partisi melalui praktik polis, sehingga tokoh tersebut memgalami ketidaksetaraan. Partisi tersebut menjadi dasar identifikasi identitas mulai dari archipolitics, parapolitics, dan metapolitics. Hasil penelitian menunjukkan partisi struktur sosial yang nampak pada orangtua berdasarkan identitas mereka sebagai penasehat. Identitas tersebut menjadi legitimasi sensibilitas untuk mempartisi tokoh anak muda dalam cerpen tersebut. Partisi tersebut sesuai dengan konsep Arkhe Rancierre. Metode penelitian menggunakan deskriptif dan kualitatif. Peneliti juga menerapkan indikasi tokoh terpartisi akibat praktek-praktek kebijakan atau policy.

 

 

Keywords: 

 

Keywords: arkhe, partition, distribution of sensible, dissensus, Jacques Ranciere


Keywords


Keywords: arkhe, partition, distribution of sensible, dissensus, Jacques Ranciere

References


DAFTAR PUSTAKA

Crewell. (2008). Educational Research, Planning, Cunducting and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Prentice Hall.

Davis, Oliver.(2010).Jaqcques Rancierre. UK: Polity Press.

Heru, A. (2018). Gaya bahasa sindiran ironi, sinisme, dan sarkasme dalam berita utama harian kompas. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 43. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v8i2.2083.

Indiyastutuk, Sri. (2020). Disensus Demokrasi sebagai Perselisihan Menurut Jacques Rancierre.Penerbit Buku Kompas. Jakarta

Krissandi, A. D. S. (2014). Cerpen-cerpen kompas 1970-1980 dalam hegemoni negara orde baru (analisis wacana kritis). Jurnal Poetika, II(1).

May, Todd. (2008). The Political of Thought of Jaques Rancierre: Creating Equality. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Remaja Rosdakarya. http://library.stik-ptik.ac.id

Nasution, R. Y. (2021). Ajo “yang politis:” menggugat rezim partisi dalam cerpen robohnya surau kami karya A.A. Navis. Adabiyat: Jurnal Bahasa Dan Sastra, V(1), 1–25.

Navis, A. Ak. (1986). Robohnya surau kami. In Gramedia Pusaka Utama. PT Gramedia Pusaka Utama.

Rancierre, Jacques. (2013). The Politics of Aesthetic: The Distribution of the Sensible.Disunting dan diterjemahkan oleh Gabriel Rockhill. USA: Bloomsbury Academic.

________, 2010. Dissensus on Politics and Aesthetics. London: Continuum International Publishing Group.

Saraswati, E. (2003). Sosiologi sastra : sebuah pemahaman awal. https://books.google.com/books/about/Sosiologi_sastra.html?id=CpZkAAAAMAAJ

Yusra, Abrar.(1994). Otobiografi A.A Nafis: Satiris dan Suara Kritis Dari Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v17i2.19237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MUNA ALFADLILAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 width=  width=  width=   width=  width=  width=  width=

Publisher

Department of English
University of Trunojoyo, Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

 

Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

ISSN: 1907-6665 (Print) ISSN: 2622-0474 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at journal.trunojoyo.ac.id