Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Putri Purnama Sari; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Hanggara Budi Utomo; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Rosa Imani Khan; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | guru, bekerjasama, anak usia dini, permainan kreatif pohon dan tupai |
4. | Description | Abstract | Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Trunojoyo Madura |
6. | Contributor | Sponsor(s) | Universitas Nusantara PGRI Kediri |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2020-10-27 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/7685 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini; Vol 7, No 2 (2020) |
12. | Language | English=en | ind |
13. | Relation | Supp. Files |
Surat Pernyataan author (493KB) |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2020 Putri Purnama Sari, Hanggara Budi Utomo, Rosa Imani Khan![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |