Indexing metadata

Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Putri Purnama Sari; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Hanggara Budi Utomo; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Rosa Imani Khan; Universitas Nusantara PGRI Kediri; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) guru, bekerjasama, anak usia dini, permainan kreatif pohon dan tupai
 
4. Description Abstract

Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. 

Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. 

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Trunojoyo Madura
 
6. Contributor Sponsor(s) Universitas Nusantara PGRI Kediri
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2020-10-27
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/7685
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini; Vol 7, No 2 (2020)
 
12. Language English=en ind
 
13. Relation Supp. Files Surat Pernyataan author (493KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2020 Putri Purnama Sari, Hanggara Budi Utomo, Rosa Imani Khan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.