Indexing metadata

Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) Di Sanggar Tari Tarara Bangkalan


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) Di Sanggar Tari Tarara Bangkalan
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Hasnawati -; Universitas Trunojoyo Madura; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Febrianti Dwi Vitria Putri; Universitas Trunojoyo Madura; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Tarich Yuandana; Universitas Trunojoyo Madura; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Angga Fitriyono; Universitas Trunojoyo Madura; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Kreativitas; Tari kreasi; Balap kadhu’ (karung)
 
4. Description Abstract

Tari ini menyampaikan tentang permainan tradisional Madura dengan tujuan mengangkat permainan tradisional Madura agar tidak punah dan meningkatkan kreativitas anak sejak dini. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan yaitu anak usia dini di Sanggar Tarara Bangkalan sebanyak 19 anak. Menari dapat membantu anak dalam belajar berimajinasi, berekspresi, dan berkreasi melalui media gerak dengan mengkoordinasikan gerak seluruh anggota badan, baik melalui rangsangan bunyi musik atau tanpa musik konvensional. Tingkat kreativitas anak dalam eksplorasi dengan indikator gerakan sesuai dengan imajinasi terdapat 10 anak mulai berkembang (52,6%), 7 anak berkembang sesuai harapan (36,8%), dan 2 anak berkembang sangat baik (10,5%). Kreativitas improvisasi dalam indikator gerakan sesuai dengan tema terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Indikator membentuk formasi terdapat 8 anak berkembang sesuai harapan (42,1%) dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Kreativitas komposisi dalam indikator menari kompak dengan pasangan terdapat 3 anak mulai berkembang (15,8%), 5 anak berkembang sesuai harapan (26,3%), dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Indikator menari menggunakan beberapa pola lantai terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Dengan menari anak dapat mengekspresikan kreativitas yang ada dalam diri anak seperti tari kreasi balap kadhu’ (karung). 

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Trunojoyo Madura
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2022-04-20
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/13556
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13556
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini; Vol 9, No 1 (2022)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2022 Hasnawati, Febrianti Dwi Vitria Putri, Tarich Yuandana. Angga Fitriyono
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.