Pengaruh Konten Radikal Terhadap Sikap Radikalisme (Analisis Berdasarkan Theory of Planned Behavior dari Ajzen dan Fishbein)

Nuril Mubin, Setyaningsih Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konten radikal terhadap sikap radikalisme (analisis berdasarkan Teori Planned Behavior dari Ajzen dan Fishbein). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample dalam penelitian ini berjumlah 393 orang yang aktif mengikuti konten radikal di media sosial. Teknik sampling yaitu Purpusive sampling (non-probability sampling). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala konten radikal dan skala sikap radikalisme. Analisis data yang digunakan regresi linier, SPSS seri 23. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif konten radikal terhadap sikap radikalisme. Didasarkan pada hasil hitung F= 806,47 dan probabilitas 0.000 (0.000 kurang dari 0.05). Sumbangan efektif konten radikal terhadap sikap radikalisme sebesar 67,3 % sementara sisanya 32,7% dipengaruhi faktor lain.


Keywords


radical content, radicalism, radikalisme, konten radikal

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta

Anonim. (2018). Pengeboman Gereja. https://www.liputan6.com.

Anonim. (2018). Data Pelaku Radikalisme. https://www.bnpt.go.id.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia

Arifin, S. (2005). Idologi dan Praksisi Gerakan Sosial Kaum Fundamentalis. Malang: UMMPress

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baron, R.A. & Donn Byrne. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Erlangga: Jakarta

Biroli, A & Edi. F. R. S. (2017). Psikologi Sosial. Bangkalan: UTM Press

Ghifari, F. (2017). Radikalisme Internet. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati

Jainuri, A. (2016). Radikalisme dan Terorisme, Akar Ideologi dan Tuntutan Aksi. Malang: Intrans Publishing

Jainuri, dkk. (2003). Terorisme Dan Fundamentalisme Agama. Malang: UMMPress

Myers, D. G. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba

Neliati, E. (2013). Pengaruh Media Internet Terhadap Sikap Konsumen Online Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2011. Samarinda: Universitas Mulawarman. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/

Poerwadarminta. W. J. S (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Ramdhani, N. (2011). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi Vol 19. No2. 2011: 55-69. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. https://jurnal.ugm.ac.id

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Winardi. (2012). Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Grup

Zen, F. (2012). Radikalisme Retoris. Jakarta: Bumen Pustaka Emas




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v11i2.9104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nuril Mubin, Setyaningsih Setyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.