Pengaruh Konten Radikal Terhadap Sikap Radikalisme (Analisis Berdasarkan Theory of Planned Behavior dari Ajzen dan Fishbein)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konten radikal terhadap sikap radikalisme (analisis berdasarkan Teori Planned Behavior dari Ajzen dan Fishbein). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample dalam penelitian ini berjumlah 393 orang yang aktif mengikuti konten radikal di media sosial. Teknik sampling yaitu Purpusive sampling (non-probability sampling). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala konten radikal dan skala sikap radikalisme. Analisis data yang digunakan regresi linier, SPSS seri 23. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif konten radikal terhadap sikap radikalisme. Didasarkan pada hasil hitung F= 806,47 dan probabilitas 0.000 (0.000 kurang dari 0.05). Sumbangan efektif konten radikal terhadap sikap radikalisme sebesar 67,3 % sementara sisanya 32,7% dipengaruhi faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta
Anonim. (2018). Pengeboman Gereja. https://www.liputan6.com.
Anonim. (2018). Data Pelaku Radikalisme. https://www.bnpt.go.id.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.
Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia
Arifin, S. (2005). Idologi dan Praksisi Gerakan Sosial Kaum Fundamentalis. Malang: UMMPress
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baron, R.A. & Donn Byrne. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Erlangga: Jakarta
Biroli, A & Edi. F. R. S. (2017). Psikologi Sosial. Bangkalan: UTM Press
Ghifari, F. (2017). Radikalisme Internet. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati
Jainuri, A. (2016). Radikalisme dan Terorisme, Akar Ideologi dan Tuntutan Aksi. Malang: Intrans Publishing
Jainuri, dkk. (2003). Terorisme Dan Fundamentalisme Agama. Malang: UMMPress
Myers, D. G. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba
Neliati, E. (2013). Pengaruh Media Internet Terhadap Sikap Konsumen Online Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2011. Samarinda: Universitas Mulawarman. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/
Poerwadarminta. W. J. S (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Ramdhani, N. (2011). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi Vol 19. No2. 2011: 55-69. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. https://jurnal.ugm.ac.id
Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Winardi. (2012). Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Grup
Zen, F. (2012). Radikalisme Retoris. Jakarta: Bumen Pustaka Emas
DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v11i2.9104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Nuril Mubin, Setyaningsih Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.