Perilaku Prososial Siswa dan Implikasi Program dalam Bimbingan Pribadi Sosial
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku prososial pada siswa 11 IPS SMA Negeri 1 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan metode Propotional Random Sampling menggunkan angket. Partisipan dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1-4 yang berjumlah 142 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran perilaku prososial siswa terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi dengan presentase 20%, kategori sedang dengan presentase 63%, dan kategori rendah dengan presentase 17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya potensi rendahnya perilaku prososial sedang dan rendah sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan perilaku prososial bagi siswa. Upaya tersebut diimplikasikan dalam pembuatan program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amseke, F.V., & M.P. Panis. 2020. Peran Perkembangan Moral Terhadap Perliaku Prososial Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung (PSYCHE) 2(2): 103-116.
Al-Baqi, S. 2015. Ekspresi Emosi Marah. Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada 23(1): 22-30.
Arlita, A. 2014. Nilai Jujur Remaja Ditinjau dari Kualitas Hubungan Orang Tua-Anak dan Transmisi Nilai. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Farid, M., & M.M. Hasyim. 2012. Cerita Bertema Moral dan Empati Remaja Awal. Jurnal Psikologi Universitas Darul ‘Ulum 7(1): 501-508.
Fisikawati, A.R., Y. Anggraeni., I. Wardani., & D. Nuari. 2018. Mengembangkan Sikap Religius untuk Mengurangi Individualisme pada Siswa di Zaman Global. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global” 11 April 2018. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang: 189-193.
Herdiyanto, Y.K., & E. Megawati. 2016. Hubungan antara Perilaku Prososial dengan Psychological Well-Being pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana 3(1): 132-141.
Isnandar,T.W. 2010. Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Prososial pada SMA 1 Purworejo. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Lestari, D., & Partini. 2015. Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Jurnal Indigenous 13(2): 41-46.
Prasetyo,M.D. 2017. Nomophobia dan Prososial Pada Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Malang.
Rahajeng, U.W., & T.Y.A. Wigati. 2018. Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Status Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 8(2): 124-132.
Tandi,A.D.I. 2019. Perilaku Prososial Siswa dan Implikasinya terhadap topik-topik Bimbingan Pribadi Sosial. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Yusuf, S. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press
Yusuf, S., & J. Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v12i1.8492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Kharisma Berlianti Balengka, Deasy Yunika Khairun, Rahmawati Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.