Perilaku Altruisme pada Relawan Konselor Remaja

Anna Dian Savitri, Purwaningtyastuti Purwaningtyastuti

Abstract


ABSTRACT

This research on altruism behavior of youth counselor volunteer aims to find out factors that influence altruism behavior of counselor volunteers. Subjects in this research are 3 volunteers of youth counselor in a Youth Centre and willing to be the subject of this research. Informants who supported this research comes from the Youth Centre’s Coordinator. Method used in this study is the qualitative methodology with case study approach. Data collection from subject and informants are done through structured interviews, while the analysis technique used source triangulation by comparing data analysis subjects and the research informants. The research result is that altruism is behavior that owned by everyone, but in different proportion. Result of this study concluded that there are different factors that affect subjects’ altruism behavior. Those are personal experience, conscience, will to develop knowledge, and their high self-empathy. From the research results obtained that all research subjects have characteristics of altruism. Those characteristics have some similarities and differences influenced by their values of life.


ABSTRAK

 

Penelitian tentang Perilaku Altrusme Pada Relawan Konselor Remaja ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku altruisme yang dimiliki relawan konselor. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 relawan konselor remaja di salah satu Youth Centre dan bersedia menjadi subyek penelitian. Informan yang mendukung penelitian ini berasal dari Koordinator Youth Centre tempat subyek bertugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data subyek dan informan melalui wawancara terstruktur, sedangkan teknik analisis yang digunakan menggunakan triangulasi sumber, dengan membandingkan analisis data subyek dengan informan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perilaku altruisme adalah perilaku yang dimiliki semua orang,tetapi dengan kadar yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan faktor yang melatarbelakangi perilaku altruisme relawan konselor remaja, dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan dari pengalaman pribadi, panggilan dari dalam diri, ingin mengembangkan ilmu, serta karena rasa empati yang tinggi dari para relawan itu sendiri. Dari hasil yang didapat oleh peneliti, semua subjek mempunyai karakteristik altruisme, karakteristik altruisme setiap relawan memiliki persamaan dan perbedaan yang dipengaruhi oleh nilai-nilai hidup yang dipegang oleh masing-masing relawan.


Keywords


behavior, altruism, volunteer, perilaku,altruisme,relawan

References


Baron & Byrne (2002). Psikologi sosial. Jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita.Jakarta: Erlangga.

Biantoro. Kusuma. (2014). Hubungan antara Religiusitas dengan Perilaku Altruisme Pada petugas Kebakaran Kota Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cresswell (2010). Metode Penelitian Kualitatif.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Davis, M.H., & Maitner, A.T. (2009). Perspective taking and intergroup helping. In M. Snyder and S. Stürmer (eds.), The Psychology of Prosocial Behavior: Group Processes, Intergroup Relations, andHelping. Blackwell Publishing: Malden, MA.

Emile Durkheim, 2009. Pendidikan Moral Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, Jakarta:Erlangga

Jayanti Puspitasari, Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Altruistik Pada Siswa Siswi Anggota Pramuka, 2015, (Surakarta: Fakultas PsikologiUniversitas Muhammadiyah)

Moleong.L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarwono, Sarlito W., & Meinarno, Eko A. (2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v11i1.7293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anna Dian Savitri, Purwaningtyastuti Purwaningtyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.