Stimulasi Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Emosi

Yettie Wandansari

Abstract


Aspek emosi sangat penting untuk distimulasi sejak usia dini agar kecerdasan emosi anak dapat berkembang secara optimal. Melalui pengembangan kecerdasan emosi, keterampilan sosial anak akan mengalami peningkatan, demikian pula prestasi akademiknya (aspek intelektual), sehingga pada akhirnya akan mendukung kesiapan anak untuk sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan pendidikan emosi untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD mengenai stimulasi kecerdasan emosi pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek adalah 34 orang Bunda PAUD dari berbagai wilayah Surabaya. Hasil uji perbedaan skor pre test dan skor post test menunjukkan nilai t sebesar -4.359 pada p = 0.000. Artinya, ada perbedaan yang signifikan pada perubahan tingkat pemahaman subjek mengenai stimulasi kecerdasan emosi antara sebelum dan setelah memperoleh pelatihan. Kesimpulannya adalah pelatihan pendidikan emosi efektif untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD mengenai stimulasi kecerdasan emosi pada anak usia dini.

Keywords


pendidikan emosi, kecerdasan emosi, anak usia dini



DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v2i1.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Yettie Wandansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.