MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK MELALUI METODE MULTISENSORI

Vivik Shofiah, Yana Silvi Aulia Mawaddah

Abstract


Kemampuan membaca permulaan perlu dirangsang sejak anak usia dini agar anak tidak mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada tingkatan pendidikan selanjutnya. Salah satu metode kreatif dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu dengan melibatkan berbagai unsur alat indera seperti pendengaran, penglihatan, gerakan, dan perabaan dengan menggunakan metode multisensori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak TK melalui metode multisensori. Penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan desain nonequivalent control group design dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 13 orang, yakni 9 orang merupakan kelompok eksperimen dan 4 orang merupakan kelompok kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonparametrik Mann Whitney Test. Berdasarkan hasil analisis data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh taraf signifikansi p=0,005. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikansi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berarti bahwa subjek yang diberikan metode multisensori mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan dibandingkan dengan subjek yang tidak diberikan metode multisensori.

Keywords


Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Multisensori, Taman Kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Amperawan, Dody Leyno dan Widyastuti Ami. (2014). Metode Observasi. Pekanbaru : Al-Mujtahadah Press.

Andriani, S. (2005). Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata serta Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Ringkasan Skripsi. Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologii. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bowman, J. D. Dan Bowman, S. R. (1991). Using Television Commercial to Develop Reading Comprehension. Reading Improvement. 28, 4, 265.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Permainan di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas.

Dewi, Sri Utami Soraya. (2015). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Vol.III No.1 Maret 2015.

Doman, G., dan Doman, J. (2005).How To Teach Your Baby To Read: Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca (Alih Bahasa: Grace Satyadi). Jakarta: Tigaraksa Satria.

Fitriyani,Eka. (2011). Program “Terampil Membaca” untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca. Jurnal Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Vol.7 No.2 Desember 2011.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak … 67

Hainstock, E. G. (2002).Montessori untukAnakPrasekolah. Jakarta: PustakaDelaprasta.

Hartati, Sofia. (2005). PerkembanganBelajarpadaAnak. Jakarta: Depdiknas. Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima (Rev. ed). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Joshi, R.M., Dahlgren, M., & Boulware-Gooden, R. (2002). Teaching Reading in an Inner City School Through a Multisensory Teaching Approach. Annalysis of Dyslexia, 52, 229-242. ISSN 0736-9387.

Khadijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen. Malang : UMM Press.

Lestary, A. (2004). Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata dengan Alat Bantu Gambar dan Tanpa Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Taman Kanak-kanak. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Lucky, Wike (2016). Efektivitas Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak di Taman Kanak-kanak. Skripsi : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mar’at, S. (2005). Psikolinguistik – Suatu Pengantar. Bandung : Refika aditama.

Mukhlis, dkk. (2014). Konsep & Teori Perkembangan. Pekanbaru : Al-Mujtahadah Press.

Mutiah, Diana. (2010). PsikologiBermain.Jakarta :KencanaPrenada Media Group.

Myers, P.I., dam Hammil, D.D. (1976). Methods for Learning Disorder. Canada : John Wiley and Sons.

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Papalia, D.E (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta : Salemba Humanika.

Pertiwi, Praditya & Sugiyanto. (2005). Efektivitas Permainan Konstruktif-Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada Vol.24 No.21, 151-163.

Prasetyono, Sunar, dwi, (2008). Rahasia mengajar Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini, Jogjakarta: Think.

Rahim, Farida, (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara. 68 PERSONIFIKASI, Vol. 9 No.1 Mei 2018

Ruhaena, L. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics terhadap Kemampuan Baca Tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Anak Prasekolah. Tesis, Tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Vol.42, No.1, April 2015; 47-60.

Saadah, Variah N & Nurul Hidayah. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Vol.1 No.1 Juli 2013.

Santrock, Jhon W. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2010). Masa Perkembangan Anak Buku 1 Edisi 11. Jakarta : Salemba Humanika.

Sari, Hasanah Nurfitria. (2013). Efektivitas Permainan Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa R.A Hidayatullah II Mojokerto. Skripsi. Surabaya : Jurusan Psikologi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Sarwono, Sarlito. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Press.

Sejati, Anila Wahyu, dan Festa, Yumpi R. (2016). Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet pada Siswa Kelompok Bermain di Sekolah Cahaya Nurani Jember. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember Vol.12, No.2 Oktober 2016.

Seniati, L., Yulianto, A., Setiadi, B.N. (2009). Psikologi Eksperimen. Jakarta : Indeks.

Sessiani, L.A. (2007). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-kanak (Studi Eksperimental di TK ABA 52 Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Shadish, W.R., Cook, T.D., Campbell, D.T. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal Inference. Houghton:Newyork

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdkarya.

Tarigan, Guntur H, (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa,Bandung:Angkasa.

Tutupoly, Jessica Florentina, dkk. (2013). Efektivitas Metode Multisensori Terhadap Kecakapan Mengingat Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol.12 No.2 Oktober 2013.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak … 69

Untara, Wahyu. (2013). Kamus Bahasa Indonesia: Lengkap dan Praktis. Yogyakarta :

Indonesia Tera.

Wahyuni,Sri, dkk. (2015). Metode Pengukuran Bakat dan Intelegensi. Pekanbaru : Al Mujtahadah Press.

William, Crain. (2007). Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi Edisi Ketiga. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Yus, Anita. (2011). Perkembangan Penilaian BelajarAnak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Yusuf,M. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i1.6763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.