Pengaruh Games Online terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 9-10 Tahun di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan

Iswan -, Ati Kusmawati

Abstract


Game Online merupakan sebuah permainan yang sangat menarik saat ini baik kalangan dewasa sampai anak-anak. Bagi anak-anak terutama ini menjadi daya magnet yang luar biasa. Keluarbiasaan inilah yang membuat anak-anak lupa akan dirinya bahkan sampai pergaulan, bahasa dan kata-kata yang mereka komunikasikan sangat tidak layak untuk didengar. Ini mempengaruhi perkembangan mereka. Game Online, biasanya terdapat di warnet dan tersedia banyak macamnya. Tentunya ini menjadi satu hal yang menarik untuk dikaji dan diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Game Online di warnet terhadap perkembangan  bahasa anak usia 9-12 tahun di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2014 dengan desain penelitian kuantitatif dan kuatitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket dan Focus Group Discusion (FGD) dan wawancara secara mendalam kepada anak. Anak yang bermain Game Online di warnet dengan waktu yang sering dengan usia 9-12 tahun diberikan angket. Jumlah responden yang diberikan angket sejumlah 100 anak yang disebar ke sepuluh warnet. Wawancara dilakukan dengan 5 anak secara mendalam. Selain itu dilakukan juga wawancara terhadap keluarga responden dan petugas warnet sebagai penguat yang dapat memberikan informasi secara lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Game Online (X) terhadap perkembangan bahasa anak (Y) usia 9-12 tahun adalah signifikan dengan nilai Fhitung = 179,64, sedangkan Ftabel = 4,41 dan berpola linier karena Fh=0,401 kurang dari Ft=3,23. Selain itu, faktor eksternal yang sangat mempengaruhi adalah fasilitas di rumah yang kurang, perhatian dan bimbingan dari keluarga sangat lemah sehingga mereka lebih senang bermain di warnet dan bermain Game Online daripada dirumah. Termasuk motivasi untuk belajar karena kebanyakan dari responden malas belajar bahkan diabaikan. Semua ini tentunya menjadi perhatian bagi pendidik, orangtua, lingkungan, dan masyarakat terhadap anak-anak yang sudah keranjingan bermain Game Online yang dapat merusak perilaku berbahasa.

Keywords


Game Online, perkembangan bahasa, psikologi

References


Brown, Douglas, H. Principles of Language Learning and Teaching. New Yersey : Prentice Hall Inc., 1980

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik, Kajian Teoritik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa

Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Desvita, Psikologi Perkembangan, 2008. Jakarta : Rosda.

Gleason, Jean Berko dan Nan Bernstein Ratner, eds. 1998. Edisi Kedua. Psycholinguistics. New York : Harcourt Brace Collage Publishers.

Hadi, Amirul dan H.Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Mutia, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Osgood, Ch. E. And Thomas A.Sebeok (ed). Psikolinguistics : A Survey of Theory and Research Problems. Blooming : Indiana University Press, 1965.

Pateda, Mansur. Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende-Flores : Nusa Indah, 1990.

Piaget, J. The Language and Thought of The Child. New York: Humanities Press, 1965

Poerwo, Bambang Kaswati, 1991. “Perkembangan Bahasa Anak Pragmatik dan Tata Bahasa” dalam Dardjowidjojo. Jakarta : Obor.

Purwanto, Ngalim. 1994. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya

Skinner, B.F. Verbal Behaviorisme. New York : Appleton Century Crafts, 1959.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v5i2.6578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Iswan -, Ati Kusmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.