Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Prestasi Belajar antara Siswa Madrasah Tsanawiyah Berdomisili (Santri) dengan Siswa Tidak Berdomisili di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan

Umarul Faruk, Zainal Abidin, Nur Aziz Afandi

Abstract


Abstrak

Kemandirian merupakan salah satu faktor pendukung terhadap prestasi belajar siswa, baik itu siswa yang berdomisili maupun siswa yang tidak berdomisili di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian dan prestasi belajar antara siswa MTs yang berdomisili dan tidak berdimisili di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan, dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 150 siswa dibagi menjadi 75 siswa berdomisili dan 75 siswa tidak bedomisili di pondok pesantren. Teknik pengumpulan data kemandirian menggunakan skala kemandirian. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari hasil raport dari masing-masing siswa. Hasil uji statistik paired sample t-tes melalui SPSS.16.0 adalah kemandirian nilai sig 0.004 < 0.05 dengan rata – rata siswa yang berdomisili yaitu 1,4900 dan siswa yang tidak berdomisili yaitu 1,4145. Sedangkan hasil prestasi belajar adalah sig 0.002 < 0.05 dengan rata-rata 54,5387 untuk siswa yang berdomisili di pondok pesantren dan 48.2640 untuk siswa yang tidak berdomisili pondok pesantren. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan tingkat kemandirian dan prestasi belajar antara siswa MTs yang berdomisli dengan siswa yang tidak berdomisili di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata- Bata Pamekasan.

 

Abstract

Independence is one of the contributing factors against student achievement, both students who are domiciled and non-domiciled in boarding school. This study aimed to determine the differences of the level of independence and achievement between the students of Junior High School Mambaul Ulum Bata-Bata who are domiciled and non-domiciled in Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School Pamekasan, using quantitative methods. The research subjects were 150 students and were divided into 75 of domiciled students and 75 of non-domiciled students in the Islamic boarding school. The technique of collecting data of independence used independence scale. The data of the learning achievement was obtained from report cards from each student. The result of statistical test of paired sample t-test for independence through SPSS.16.0 is sig 0.004> 0.05 with an average of 1.4900 for domiciled students and 1.4145 for non-domiciled students. The result of learning achievement is sig 0.002 <0.05 with an average of 54.5387 for domiciled students and 48.2640 for non-domiciled students. The results showed that there are differences of the level of independence and learning achievement between students of Junior High School Mambaul Ulum Bata-Bata who are domiciled and non-domiciled in Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic Boarding School Pamekasan.

Keywords


Kemandirian, Prestasi Belajar, Berdomisili, tidak berdomisili, Pondok Pesantren, Independence, Learning Achievement, Domiciled, Not Domiciled, Islamic Boarding School

References


Alsa, A. 2011. Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization terhadap Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal psikologi. Vol.38, No. 1, 82 – 91. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Anastasia, A.W. Nugraha, H. 2012 Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian pada Remaja. Jurnal psikologi. Surakarta: Universitas Setia Budi Surakarta

Anonim. 2012. Pelajar Indonesia Raih Prestasi Internasional. (online) Minggu 22 Januari 2012 www.kompas.com hari diakses pada tanggal 20 maret 2013.

Kadir. 1998. Sejarah Perkembangan Pon-Pes Mambaul ulum Bata-Bata. Pamekasan: Santri.

Kartono, K. 1990. Psikologi Anak. Bandung: Mandar maju.

Masrun. Haryanto, F.P. Hardjito,P. Sofiati, M. Bawani, A. Aritonang, I. Soetjipto, H.P. 1986. Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk dari Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Monks F.J, Haditono S.R, Knoers A.M.P. 2006. Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muhibbin, S. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursyid, Y.N. 2012. Perbedaan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik Dengan Menggunakan Software Tutorial PLC Siswa Kelas XI Smk Negeri 2 Pengasih. Skripsi. 2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktaviani, D.A. 2007. Perbedaan Kemandirian Dalam Belajar pada Siswa yang Berada di Kelas Akselerasi dengan yang Berada di Kelas Reguler. Skripsi. 2007. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Rensi. Sugiarti, R.L. 2010. Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal psikologi. Vol. 3 no. 2. Semarang: Universitas Katholik Soegijapranata.

Sinaga, M.J. 2010. Perbedaan Kemandirian Antara Remaja yang Memiliki Orang tua “Single Parent” dengan Remaja yang Memiliki Orangtua Utuh. Skripsi. 2010. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sugono, D. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suryadi, D. Damayanti, C. 2003. Perbedaan Tingkat Kemandirian Remaja Putri yang Ibunya Bekerja dan yang Tidak Bekerja. Jurnal psikologi. Vol.1 No.1. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Tarkelin. C, Anjariah. S. 2007. Prestasi Belajar Siswa SMA di Tinjau dari Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Psikologi. Vol. 3. Yogyakarta: Universitas Proklamasi 45




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v5i1.6573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.