Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Islam Al-Waroqot Pamekasan

Badrus Syamsi, Alifah Rahma Wati, Zainal Abidin

Abstract


Guru yang berkualitas, berkompetensi profesional, akan mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang akan menghasilkan minat belajar siswa yang lebih baik. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif. Yang mana dalam pngumpulan data menggunakan Skala Kompetensi Profesional Guru yang terdiri dari 36 item dan Skala Minat Belajar yang terdiri dari 33 item yang dikenakan pada siswa kelas VII, VIII dan IX yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, sebanyak 30 siswa dengan populasi sebanyak 120 siswa. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi person product moment dan menggunakan rumus degrees of freedom untuk mengetahui signifikansi variabel x dan variabel y. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa SMP Islam Al-Waroqot Pamekasan dengan korelasi sempurna yaitu 1. Setelah mendapatkan rxy atau ro lebih besar dari r tabel atau rt baik pada taraf signifikansi 5%  maupun 1% yaitu (1 lebih dari 0,374/0,478). maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang singnifikan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa.


Keywords


professional teacher competence, student interest, kompetensi profesional guru, minat belajar siswa

References


Arifin, H.M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2002

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinelka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALVABETA.

Surya, M. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Wihana.

Usman, M. U, 1990. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v5i1.6571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Badrus Syamsi, Alifah Rahma Wati, Zainal Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.