PERILAKU POLITIK MENYIMPANG DALAM KONTESTASI PEREBUTAN KEKUASAAN

Yan Ariyani

Sari


Abstrak

Politik merupakan alat yang digunakan untuk sampai pada tujuan yang dikehandaki oleh individu, kelompok, masyarakat, institusi ataupun negara. Proses politik ini sering dilakukan oleh masyarakat kelas menengah keatas, meskipun masyarakat menengah ke bawah tidak menutup kemungkinan juga bisa melakukannya. Perilaku politik menyimpang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu dengan jalan tidak normal, bisa berupa kampanye hitam, hoax, cyber crime dan fitnah. Mereka melakukan perilaku menyimpang, karena mereka tidak cukup cerdas untuk beradu program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat. Banyak pemeran politik atau politikus hanya memiliki keinginan tapi kurang memiliki kemampuan dalam mengelola seninya berpolitik dalam lingkungan masyarakat.

Kata Kunci


Politik, Kekuasaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amal, Ichlasul. 2008. Peran Media Massa dalam Menyukseskan Pemilu 2009. Paper dipresentasikan dalam Forum Koordinasi dan Konsultasi yang diselenggarakan Menko Polhukam, di Jakarta, tanggal 22 Oktober 2008.

Hatta Albanik (2000), Telaah Psikologi Tentang Perilaku Politik Menyimpang dan Perilaku Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Indonesia,Jurnal Psikologi Vol. 6 September 2000.

Huntington, Samuel. dan Joan Nelson. 1990. Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Jakarta: Rineka Cipta.

Kurt Lewin M. Keller. 1992. Instructional Design Theory and Models : An Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.

M. Mujtahid Iqbal. 2013. Pendidikan Politik Terpadu Bagi Masyarakat MenujuPemilu 2014 Sesuai dengan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas.

Marsidi, Agus. 2001. Peran Guru PPKn sebagai Agent atau Agency dalam Pendidikan.

Melvin Pollner, Don H. Zimmerman. 1970."The everyday world as a phenomenon", InUnderstanding everyday life: towards a reconstruction of sociological knowledge. (Jack D. Douglas, ed.), Chicago, Aldine Publishing, pp. 80-103.

Patterson, D. A., and J. L. Hennessy. 2004. Computer Organization and Design: The Hardware/Software Interface, third edition, Morgan Kaufmann, San Francisco.

_____Politik di Sekolah. Laboratorium PPKn Universitas Negeri Malang.

Rousseau, J.J. 1948. The Social Contract, London: George Allen and Unwin.

Schmandt, Henry.J. 2002. Filsafat Politik: Kajian Historis dari Zaman Yunani Kuno Sampai Zaman Modern, Penerjemah: Ahmad Baidlowi dan Imam Bahehaki, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i2.5823

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Personifikasi

Prodi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura