INFORMASI KARIR DAN PERUBAHAN MINAT KARIR PADA SISWA SMP NEGERI 21 SURABAYA

Mudhar Mudhar, Sapta Meiningsih

Abstract


Abstrak

Minat pada remaja cenderung masih banyak berubah, karena pada masa remaja ini masih pada masa pencarian identitas diri. Hal ini karena minat karir pada masa remaja masih tentatif dan masih dalam masa pencarian karir yang dianggap sesuai dengan dirinya. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMP Negeri 21 Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang siswa kelas 9. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui perubahan minat setelah diberi pemahaman atau informasi tentang karir, program studi di perguruan tinggi dan tentang peminatan di SMA atau SMK. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rothwell Miller Interest Blank atau sering dikenal dengan RMIB. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada aspek yang paling diminati (ranking 1) pada hasil pretest dengan aspek yang paling diminati (ranking 1) pada hasil post test. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua siswa (70 orang) menunjukkan perubahan minat antara sebelum diberi informasi dengan setelah diberi informasi tentang kairir. Selian itu diketahui juga bahwa ada hanya 6 orang atau sekitar 8,6% yang bergeser dari pilhan 1 menjadi pilihan ke dua, atau dari pilihan ke dua menjadi pilihan 1, selebihnya (64 orang) minat karirnya berubah atau bergeser dari pilihan utama menjadi pilihan ke 3 dan seterusnya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa informasi karir dapat mempengaruhi atau mengubah minat kairir.

 

Kata Kunci: Informasi Karir, Perubahan Minat Karir

Keywords


Informasi Karir, Perubahan Minat Karir

References


Baron, R. A., & Byrne., D. (2003). Psikologi Sosial (10th ed.). Jakarta: Airlangga.

Gunarsa, S. D. (1986). Psikologi Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Airlangga.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (1994). Toward a unifying social cognitive theory of career and academic interest, choice, and performance. Journal Of Vocational Behavior, 45, 79–122.

Lie, A., & Prasasti, S. (2004). 101 Cara Membina Kepribadian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mudhar. (2016). Perbedaan Minat Karir Antara Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dengan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Helper, 32.

Mudhar. (2017). Perubahan Minat Karir Siswa Pada Saat Kelas VII dan Kelas VIII di MTs Negeri III Surabaya. Helper, 34.

Papalia, D. E. (2004). Human Development (9th ed.). New York: Mc Graw Hill.

Santrock, J. W. (2007). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Jilid 1) (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Super, D. E. (1973). The Career Development Inventory. British Journal of Guidance & Counselling, 1(2), 37–50. https://doi.org/10.1080/03069887308259350

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel, W. S. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i2.5821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Mudhar Mudhar, Sapta Meiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.