PARIWISATA MADURA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT

Triyo Utomo

Abstract


ABSTRAK

Pariwisata merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Masyarakat tidak hanya melakukan perjalanan untuk menghilangkan rasa jenuh terhadap rutinitas sehari-hari, tetapi juga guna mengikuti kegiatan yang sedang populer. Objek periwisata harus memiliki product positioning untuk menempatkan produknya supaya berada di benak konsumen. Pada konteks pariwisata di Madura, perlu adanya pengembangan agar mampu mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar Madura. Pengembangan wisata Madura salah satunya membutuhkan adanya dukungan aspek budaya. Perlu tindakan untuk menghidupkan kembali budaya-budaya yang ada di Madura guna menarik minat wisatawan berkunjung ke Madura. Perlu adanya partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata Madura. Ada beberapa paramater dalam mengukur partisipasi masyarakat. Selain itu, pariwisata di Madura harus memiliki model pembangunan kepariwisataan yang bertanggung jawab dan berdasarkan komunitas. Harapannya, masyarakat Madura diposisikan sebagai subjek pariwisata daerah.

Kata Kunci: Pariwisata Madura, Kepariwisataan yang Bertanggung Jawab, Kepariwisataan Berbasis Komonitas, Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat

Keywords


Pariwisata Madura, Kepariwisataan yang Bertanggung Jawab, Kepariwisataan Berbasis Komonitas, Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat

References


Axhar, Iqbal Nurul dan Surokim. 2018. Madura 2020 Membumikan Madura Menuju Globalisasi. Malang:Inteligensia Media.

Dzulkarnain, Iskandar. 2015. Sosiologi Madura. Madura: Pusat Kajian Sosio UTM

Dzulkarnain, Iskandar. 2016. Sosiologi Pariwisata Madura. Madura: Puska Sosio UTM

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. (2006). Sosiologi: Teknik Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sarwono,Sarlito W. 2015. Psikologi Lintas Budaya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Surokim. 2015. Madura: Masyarakat, Budaya, Medai dan Politik. Surabaya: Elmatra.

Sztompka, Piotr (2005) Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media

Susanto, Putu Chris. 2016. Peran Sektor Keempat dalam Pariwisata Berbasis Masyarkat (Community-Based Tourism). Univeristas Dhayana Pura. Bali. https://www.researchgate.net/publication/305492759 diakses pada 25 Oktober 2017 pukul 11.00 WIB)




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i1.5692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Triyo Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.