Pengaruh PsikoedukasiLGBT ( Lesbian, Gay,Biseksual dan Transgender ) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang LGBT

Yulita Kurniawaty Asra, Vivik Shofiah

Abstract


Psikoedukasi adalah salah satu intervensi untuk meningatkan pengetahuan dan keterampilan individu agar dapat menjalani aneka transisi kehidupan secara efektif. Psikoedukasi dapat berbentuk pelatihan dan pengembangan program berupa modul yang dalam pelaksanaannya ada yang bersifat langsung dan tidak langsung. Psikoedukasi dalam penelitian ini bersifat langsung yakni dengan melibatkan subjek remaja dalam bentuk pelatihan. Pengembangan program dilakukan dengan memberikan modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi LGBT untuk meningkatkan pengetahuan tentang LGBT pada remaja. Dengan meningkatnya pengetahuan remaja tentang LGBT maka diharapkan remaja dapat terhindar dari perilkau LBGT yang akhir-akhir ini semakin marak. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang berjumlah 18 orang. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan pretest-post test group design. Berdasarkan random assignment maka didapatkan 9 orang sebagai kelompok kontrol dan 9 orang sebagai kelompok eksperimen. Metode analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan menggunakan uji mann U Whitney dan Uji Wilcoxon test untuk membandingkan skor subjek pada pretest dan posttest dari kelompok kontrol dan eksperimen.Hasil uji Mann U Whitney menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen psikoedukasi berpengaruh meningkatkan pengetahuan LGBT remaja (p= 0.024). Hasil Uji Wilcoxon test pada kelompok eksperimen juga menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan LGBT yang signifikan (p=0,012) dibandingan dengan kelompok kontrol. Secara umum psikoedukasi berpengaruh  karena mampu meningkatkan pengetahuan LGBT yang dimiliki oleh remaja.

Kata Kunci: Psikoedukasi, LGBT

References


Abdulloh. (2006). Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat. Tesis. Semarang : Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Al-Bhukhari. Hadist dalam http://bismillahku2.blogspot.com/2011/05/home-tafsir-hadits-tauhid-perpustakaan.html

Anastasi, A. (1998). Tes Psikologi Jilid II. Jakarta : PT. prenhallindo.

Anggraeini, M & Elfida, D. (2008). Hubungan Stres dengan Prokrastinasi akademik Pada Mahsiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Vol. 4 no.1. Fakultas psikologi UIN SUSKA Riau.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. (2009). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A. dan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial: Jilid I. Jakarta : Erlangga.

. (2004). Psikologi Sosial: Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Burka, Jane B. dan M.Yuen, Lenora. (2008). Procrastination : Why You Do It, What To Do About It Now. Da Capo Pres.

Buku Pedoman Akademik Mahasiswa Tahun Akademik 2008/2009.(2008). Riau : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Crider. (1983). Landasan teori dalam www.damandiri.or.id/file/kustiniunairbab2.pdf.

Djiwandono, S. E. W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo

Fatmawati. (2006). Hubungan Locus of Control dengan Kecemasan Dalam Berkomunikasi pada pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau. Skripsi (tidak diterbitkan) : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau.

Fibrianti, I. D. (2009). Hubungan Antara Dukungan Social Orantua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro Semarang.Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro Semarang.

Ghufron, N dan Risnawati, R. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-russ Media

Gunawinata, A. R. (2008). Perfeksionis, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Jurnal vol. 23 no.3. Anima, Indonesian psychologicaljournal.

Hall, C dan Lindzey, G. (2011). Psikologi Kepribadian : Teori-Teori Sifat dan Behavioristik. Yokyakarta : kanisius.

Hartono.(2006). Statistik Untuk Penelitian. Yokyakarta : Pustaka pelajar

Indrajit, E dan Djokopranoto. (2006). Managemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta : Andi.

Iziana, A. (2010). Hubungan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau.Skripsi (tidak diterbitkan) : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau.

Knaus, W. (2010). End Procrasitination Now! Get It Done With A Proven Psychological Approach. New Tork : McGraw-Hill Companies, Inc, eBook at newharbinger.com.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor Selatan : Gralia Indonesia.

Neill, J. (2006). What is locus of control? Dalam http://wilderdom.com/psychology/loc/LocusOfControlWhatIs.html

Nesfvi, I dan Elfida, D. (2009). Hubungan Antara Locus of Control dengan Strategi Koping pada wanita Menopause di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Jurnal Psikologi Universitas Islam Negeri Riau Vol. 5 No.1.

Nugrasanti, R. (2006). Locus Of Control dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Provitae Vol.2 No. 1.

Pramudia, D. G. (2008). Demi waktu. dalam http://visipramudia.wordpress.com/2008/05/02/demi-waktu/).

Prasetyo, B. dan Jannah, L.N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Ramly, N. (2005). Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan. Jakarta : Grafindo.

Sevilla, Consuelo, dkk. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI-Press

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudaryono. (2007). Resiliensi dan Locus of Control Guru dan Staff Sekolah Pasca gempa. Jurnal Pendidikan No.1




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v8i1.3855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.