Dinamika Psikologis pada Ibu Rumah Tangga dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Covid-19 memberikan banyak dampak pada masyarakat salah satunya dibidang pendidikan. Pendidikan yang merupakan salah satu sektor penting dalam masyarakat terkena dampak penyebaran virus Covid-19 sehingga munculnya keputusan Kemdikbud mengenai kebijakan prosedur kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Pembelajaran daring memberikan dampak terhadap peran ibu rumah tangga. Peran ibu rumah tangga yang sekarang juga harus berperan sebagai guru membuat ibu terbebani dengan bertambahnya pekerjaan rumah tangga. Ibu perlu belajar memahami beberapa petunjuk untuk dapat membantu mengerjakan tugas sekolah. Sementara tugas pengasuhan masih tetap menjadi tanggung jawabnya. Dimana Ibu juga tidak bisa hanya mengeluhkan bebannya tersebut, karena kondisi keluarga memang juga sedang tidak baik akibat pandemi. Maka dari itu penelitian ini berfokus pada dinamika psikologis yaitu kognitif, emosi dan juga hubungan interpersonal ibu rumah tangga yang berperan dalam mendampingi daring. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 subjek mempunyai hasil yang berbeda. Secara kognitif subjek EF dan SH mendapat bantuan dari keluarga dan juga dari guru bimbingan belajar sedangkan subjek EW hanya dari diri sendiri. Secara emosi ketiga subjek mendapat dukungan dari keluarga. Sedangkan secara hubungan interpersonal subjek EF dan EW banyak melakukan komunikasi dengan orang lain, sedangkan SH kurang melakukan komunikasi dengan orang lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pembalajaran daring yang dijalani oleh ibu rumah tangga mempengaruhi dinamika psikologis karena harus membagi antara pekerjaan rumah tangga dan juga pendampingan daring.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alex, S. (2003). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Alwisol. (2008). Psikologi Kepribadian (edisi revisi). Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Belawati, T. (2019). Pembelajaran online (issue December 2019). Universitas Terbuka : Tangerang Selatan. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8813
Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2014). Kamus lengkap bahasa Indonesia (cet. 7). Surabaya : Apolo.
Dedi, M. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Hodgetts, D.J., & Stolte, O.M.E. (2012). Case-based research in community and social psychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379-389. Doi: 10.1002/casp.2124
Hude, M.D. (2006). Emosi – penjelajahan religio-psikologi tentang emosi manusia dalam Al-Qur’an. Jakarta : Erlangga.
Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.
Keengwe, J., & Georgino, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies. 17(4), 365-379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x
Kementerian Kesehatan (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). https://covid19.go.id/p/protokol/pedoman-pencegahan-dan-pengendalian-coronavirus-disease-covid-19-revisi-ke-5
World Health Organization. (2020). World Health Organization: Statement on the second meeting of the international Health Regulations (2005) Emergency Committe Regarding the outbreak of novel coronavirus (2019-nCoV). World Health Organization. https://www.who.int/news/item/30-01-2020
Kriyantono, R. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestari, P. (2010). Hubungan komunikasi interpersonal orangtua dan anak, skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19.
Miles, A., Mathew, B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, L. J. (2008). ”Metodologi Penelitian Kualitatif” . Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nabilla, L. (2019). Skripsi : Dinamika Psikologi Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja Sebagai Guru dan Ibu Rumah Tangga Dalam Mengasuh Anak Di Kota Parepare. IAIN Parepare.
Pettter, H,R., Janiwarti, B,., & Saragih, M. (2011). Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan. Edisi pertama Cet. I. Jakarta: Prenada Media Group.
Ridwan. (2004).Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintaha Swasta. Bandung : Alfabeta.
Rosleny, M. (2010). Psikologi umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Safaria, T & Saputra, N, E. (2011). Manajemen Emosi sebuah Pendidikan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sandra, L. (2012). Dinamika psikologis interakasi, konsep diri, dan identitas online, disertasi. (PHd thesis, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada). Fakultas Psikologi : Universitas Gadjah Mada. https://repository.ugm.ac.id/id/eprint/136765
Sarwono, W,S. (2000). Berkenalan dengan aliran-aliran tokoh psikologis. Jakarta : PT. Bulan Bintang.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). Data Sebaran Indonesia.https://covid19.go.id/
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfa Beta.
Suparman, M.A. (2014). Desain Istruksional Modern (N.I. Sallama (ed.)). Erlangga
Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintasan sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. (Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta)
Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.06.111
Widiasari, Y. (2009). Dinamika psikologis pencapaian succesful aging pada lansia yang mengikuti program yantu lansia (tesis tidak diterbitkan). Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.
Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (covid-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)).
DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v13i1.13861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kenya Ayu Manggali, Mirna Wahyu Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.