Mahasiswa dan Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Mahasiswa

Jayaning Sila Astuti

Abstract


Organisasi X adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di Malang. Berdasarkan hasil wawancara terhadap dua orang anggota Dewan Pertimbangan Organisasi, diketahui bahwa kontrol ketua umum terhadap organisasi pada periode 2010 ini lemah. Padahal kepemimpinan adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan roda kepemimpinan secara stabil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan mahasiswa di organisasi X pada periode kepengurusan 2010. Gaya kepemimpinan dapat dipetakan setelah melihat cara berkomunikasi, cara memberikan motivasi, cara penyusunan tujuan kelompok, dan cara pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sebelum dapat menentukan gaya kepemimpinan, perlu untuk mengetahui bagaimana empat hal terjadi dijalankan dalam organisasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan perspektif fenomenologi. Lokasi penelitian ini adalah organisasi X di Malang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan jurnal refleksi subyek. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan mahasiswa organisasi X adalah partisipatif-kelompok. Kesimpulan ini diambil setelah mempertimbangkan : 1) Komunikasi dan koordinasi internal pengurus organisasi berjalan ke semua arah, namun berjalan kurang baik, 2) Cara memberikan motivasi yang banyak digunakan adalah koordinasi dengan bawahan, sedang yang khas adalah kedekatan personal dan pemotivasian di bidang kepenulisan bawahan, 3) Tujuan organisasi disusun oleh ketua umum, namun ketua umum tidak memberikan penjelasan pada pengurus di bawahnya mengenai makna dari tujuan tersebut 4) Cara pengambilan keputusan dalam organisasi adalah dengan gaya partisipatif-kelompok. Temuan lain dalam penelitian ini adalah :1) organisasi X adalah organisasi yang mengedepankan bakat minat dibandingkan keorganisasian, 2) meskipun kepengurusan lemah, departemen pengembangan bakat minat anggota tetap melaksanakan kegiatan sebagaimana fungsinya.

Keywords


mahasiswa, gaya kepemimpinan, organisasi mahasiswa

References


Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Bogdan, B., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education (Second Edi). Allyn and Bacon.

Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Grup.

Chaniago, A. (2017a). Pemimpin dan Kepemimpinan. Penerbit Lentera Ilmu Cendekia.

Chaniago, A. (2017b). Teknik Pengambilan Keputusan. Penerbit Lentera Ilmu Cendekia. https://doi.org/10.31227/osf.io/akhqu

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donelly, J. H. (1997). Organisasi : Perilaku , Struktur, dan Proses, Jilid II. Binarupa Aksara.

Herdiansyah, H. (2019). Wawancara, Observasi, dan Focus Group, Sebuah Instrumen Penggalian Data Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Kaswan. (2017). Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Alfabeta.

Koontz, H., O’Donnel, C., & Weihrich, H. (1996). Manajemen, Jilid II (Edisi Kede). Penerbit Erlangga.

Krech, D., Crutchfield, R. C., & Ballachey, E. (1962). Individual in Society. Kogakusha Company.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Primastuti, S. K. (2009). Konflik dalam Perkawinan Akibat Kehamilan Pranikah pada Wanita Jawa di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Universitas Negeri Malang.

Wikipedia. (n.d.). Organisasi Mahasiswa. Retrieved October 8, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_mahasiswa

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v12i2.11948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jayaning Sila Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.