THE EFFECT OF PRACTICUM METHOD ON REPRESENTATION ABILITY AND COGNITIVE LEARNING OUTCOMES
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. Q. (2017). Keefektifan Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided inquiry Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa. CiE (Chemistry in Education), 6(1), 8-13.
Ainsworth, S. (2006). DeFT: A Conceptual Framework for Considering Learning With Multiple Representations. Learning and Instruction, 16(3), 183-198. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2006.03.001
Bruner, J. S. (1964). The course of cognitive growth. American Psychologist, 19(1), 1-15. https://doi.org/10.1037/h0044160
Fitriyana, D. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) yang Dilengkapi Eksperimen Laboratorium Riil dan Virtual Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Koloid Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa Kelas XI IA SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2(3): 134.
Gilbert, J. K. (2005). Visualization in Science Education. Dordrecht, Netherlands. Springer.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Jonathan dan Justin. 2010. Good Practice in Science Teaching. Mc Graw Hill: Open University Press. Page 110-152.
Malik, A., Utami, S. N., Mulhayatiah, D. (2015). Model Praktikum Concrete-Representational-Abstract (CRA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI. 5.
Nunuk S. & Leo A. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Ombak. Yogyakarta. 7-63.
Permendikbud. (2003). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud. Jakarta.
Rosengrant, D., Etkina, E., & Heuvelen, A. V. (2007). An Overview of Recent Research on Multiple Representation. AIP Conference Proceedings. 149-152. https://doi.org/10.1063/1.2508714
Ruseffendi, E. T. (1996). Pengantar kepada Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika untuk Meningkatkan CBSA. In Tarsito. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.272.275
Schoenfeld, A. H. (2013). Cognitive science and mathematics education. In Cognitive Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.4324/9780203062685
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Wertheimer, M. (1985). A Gestalt perspective on computer simulations of cognitive processes. Computers in Human Behavior, 1(1), 19–33. https://doi.org/10.1016/0747-5632(85)90004-4
Wulandari, V., Masjhudi, & Balqis. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Sains. 3(1):7.
Yuliana, I & Hastiana, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Metode Praktikum dengan Media Powerpoint Interaktif. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 3(1): 22.
Zahrah, F., Abdul H., dan Hasan, M. (2017). Penerapan Praktikum Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Lembah Selawah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(2):117-188.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v7i1.6730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.