UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PERKULIAHAN TELAAH KURIKULUM FISIKA II PADA MATERI FLUIDA

Mukhayyarotin Niswati R. Jauhariyah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika B 2012 melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam perkuliahan TKF II pada materi Fluida. Kegiatan dilakukan dalam dua siklus tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan observasi dan penentuan tindakan (melalui kegiatan observasi pendahuluan dan diagnosis), perencanaan pembelajaran, siklus I pembelajaran, refleksi dan evaluasi, perencanaan pembelajaran untuk siklus II, siklus II pembelajaran, refleksi dan evaluasi, dan diakhiri dengan kegiatan pelaporan. Indikator keberhasilan pembelajaran TKF II adalah terjadinya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika kelas B 2012. Setelah dilakukan pembelajaran sesuai dengan desain penelitian tindakan kelas, diperoleh data hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar kognitif mahasiswa sebesar 66,88, afektif sebesar 3,00, dan hasil belajar psikomotor sebesar 3,25. Pada siklus II memiliki rata-rata 77,68 untuk hasil belajar kognitif, untuk afektif sebesar 3,65, dan untuk psikomotor sebesar 3,75. Secara statistik, hasil belajar mahasiswa tersebut diuji menggunakan uji Wilcoxon dan diperoleh bahwa nilai signifikansi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor kurang dari 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II pembelajaran TKF II baik ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.

References


Amir, M. T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, Richard I and Kilcher, Ann. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group.

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Jacobsen, D.A., Eggen, P. & Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Jauhariyah, M.N.R. 2013. Modul Fisika untuk Siswa Akselerasi: Fluida (Berbasis Problem Based Learning). Mojokerto: Kupu-Kupu Lucu Publishing.

Kampen, P., Banahan C., Kelly, M., McLoughlin E., & O’Leary E. 2004. Teaching a single physics module through Problem Based Learning in a lecture-based curriculum. American Assosiation of Physics Teachers [DOI: 10.1119/1.1645280]

Majid, R.A., Yassin, S.F.M., Abdullah, N.G., Ramli, R., Hassan, S.A., Latiff, M.N., & Ishak, N.M. 2011. Project-Based Learning for Academically Talented Students at a Math and Science Camp. World Applied Sciences Journal, 14: 01-05. ISSN 1818-4952.

Nur, M. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shen, P.D., Lee, T.H., & Tsai, C.W. 2007. Applying Web-Enabled Problem-Based Learning and Self-Regulated Learning to Enhance Computing Skills of Taiwan’s Vocational Students: a Quasi-Experimental Study of a Short-Term Module. Electronic Journal of e-Learning, 5 (2): 147-156.

Sudjana, N. & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno, P. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Tan, O. 2009. Problem Based Learning and Creativity. Singapore: Cengange Learning Asia Pte Ltd.

Tipler, P.A. & Mosca, G. 2008. Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics Sixth Edition. New York: W.H. Freeman and Company.

Watters, J.J. & Diezmann, C.M. 2003. The Gifted Student in Sciences: Fulfilling Potential. Australian Science Teachers Journal, 49 (3):46-53.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.