PENERAPAN MEDIA E-BOOK BEREKSTENSI EPUB UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA

Haning Hisbiyati, Laila Khusnah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan media E-book berekstensi epub didalam smartphone sebagai media belajar yang bersifat inovatif sebagai upaya memanfaatkan kegemaran siswa menggunakan smartphone agar tetap belajar. Tujuan penelitian jangka panjang diharapkan dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi dalam pembelajaran karena diwakili dengan adanya e-book, dapat mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran karena tidak harus membawa banyak buku bacaan dalam bentuk fisiknya yang berat, dan dapat membantu memudahkan siswa belajar karena fitur multimedia dapat menjadi tutor. Penelitian penerapan media e-book berekstensi epub untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa smp pada mata pelajaran ipa termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket respon siswa dan tes kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi E-book berekstensi.epub dapat meningkatkan minat belajar sangat baik sebesar 88,61% dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi berupa gain score sebesar 0,703 pada pembelajaran IPA SMP.

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashyar, R. 2011. Kreatif mengembangakan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Budianto, A. W. 2013. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Materi Tentang Ekosistem Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Kota Mojokerto. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan VOL 1 NO 3.

Kurniawati, A. 2013. Pengembangan Modul Untuk Mata Pelajaran Produktif Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia Semester 2 SMK Negeri 1 Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol 1 No 3 (2013): http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Ragawanto, S. T. 2013. Pengembangan Media Web Moodle Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Bab Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal untuk Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol 1 No 3: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitas dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.