STUDENTS’ RESPONSE TOWARD THE COMPETENCIES OF TEACHERS: AN EXPLORATORY STUDY
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aryani, L., Evanurul, A. K. M., Cucuani, H., Susanti, R., & Lestari, Y. I. (2013). Kompetensi Tidak Sempurna Tanpa Integritas Pada Pemimpin. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 9(Juni), 31–39.
Bafadal, I., Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272–282. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p272
Cahyani, F. D., & Andriani, F. (2014). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Kepribadian , Dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi Di SMA Negeri I Gresik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2), 78–88.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Donuata, P. B. (2019). Efektivitas Pemberian Pre Test dan Post Test Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Chemur, 2(1).
Famahato Lase. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article
Febriarto, W. P. (2021). Analisis Pengaruh Reward, Motivasi Kerja Dan Quality of Work Life Terhadap Kedisiplinan Guru PNS Di SMA Negeri 1 Rowokele. 1–11.
Gunawan, A., Riyadi, A. A., & Musthofa, A. H. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTSN 1 Kota Kediri. Greenation JIM Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 788–798.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., & Suardipa, I. P. (2021). Pendidikan Profesi Guru Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 1–12.
Hasmiah, H. (2020). Dampak Sertifikasi Terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Di SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 37. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12003
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158
Ismail, M., Kamarudin, K., & Nurdin, N. (2023). Studi Komparatif Tingkat Kebahagiaan Guru PNS Dan Non PNS (Honorer). Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES), 0, 150–154.
Jayen, F., Kadir, A., Amrulloh, R., & Yani, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja, dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Tapin di Rantau. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan Hang Tuah, 1–23. https://doi.org/10.36049/japk.v13i1.88
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 293. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829
Meiza, C. (2016). Perbedaan Kebahagiaan pada Guru Berstatus PNS dan Honorer. Jurnal Ilmiah Psikologi Volume, 6(2), 132–141.
Nugraha, A. R., Setianingsih, E., Putri, F. W., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2022). Problematika Guru Honorer dan Guru Nondik di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10019–10025. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4009%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4009/3341
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.
Rahardian, R., & Nurjaman, T. A. (2022). Gambaran Psychological Well-Being Guru Honorer A Description Of Psychological Well-Being Honorary. 1989.
Riskiawan, H. Y., Sarwo Setyohadi, D. P., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–52. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.134
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v11i2.25434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.